Home

Advertorial
H.Indra Gunawan Eed, Ph.D.; Dengan Dibukanya MTQ Kec.Bantan Ke-23 Bisa Mengikat Islamiyah Kita

Rabu, 18/04/2018 - 20:30:59 WIB
Bupati Bengkalis Membuka MTQ ke-23 tingkat kecamatan Bantan tahun 2018
BENGKALIS  -  Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-23 Tingkat Kecamatan Bantan bertempat dihalaman Madrasah Tsanawiyah (MTS) Al Falah Desa Jangkang Kecamatan Bantan. Kabupaten Bengkalis. pada hari, Selasa malam 17 april 2018.

Pembukaan MTQ ke 23 tingkat Kecamatan Bantan, sesi pertama dihibur oleh penampilan kesenian grup sholawat MIN dari Desa Jangkang.

Sesi kedua dimeriahkan kompang dan pembawa tepak sirih menyambut rombongan Bupati Bengkalis diarena MTQ ke 23 tingkat kecamatan bantan. dilanjutkan dengan tari persembahan.

Setelah para rombongan Bupati Bengkalis  memasuki arena Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci ALQURAN Oleh Qori internasional Azwan Yusuf. Dan dilanjut pembacaan do'a oleh kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bantan Drs. Mahmud.

Sambutan Ketua panitia penyelenggara  MTQ ke-23 tingkat kecamatan bantan tahun 2018 Jundi Mustari menyampaikan. Trimakasih kepada bapak bupati kita Amril Mukminin. Wakil ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Indra Gunawan Eet. Phd. Serta anggota DPR lainnya Dapil bengkalis bantan Sofyan. dan Syaukani.

Setelah kata sambutan dari ketua panitia penyelenggara, disambung dengan penyampaian keputusan camat oleh M.Subandi. Tentang penunjukan dan pengangkatan dewan hakim dan majlis hakim Musabaqah Tilawatil Quran ke-23 tingkat kecamatan bantan tahun 2018.

"Menimbang dan seterusnya mengingat dan seterusnya memutuskan menetapkan. satu, menunjuk dan mengangkat dewan hakim dan majlis hakim Musabaqah Tilawatil Quran  ke-23 tingkat kecamatan bantan tahun 2018. Sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan ini. Kedua, dewan hakim serta majlis hakim sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu bertugas menilai dan menetapkan peserta terbaik satu, peserta terbaik dua, dan peserta terbaik tiga. Serta harapan satu, harapan dua dan harapan tiga. Pada masing-masing cabang dari golongan yang diperlombakan pada Musabaqah Tilawatil Quran ke 23 tingkat kecamatan bantan tahun 2018". Terangnya.

Setelah usai pembacaan surat keputusan camat, langsung disambung dengan pelantikan dewan hakim dan komisi dewan hakim.

Camat Bantan Muhammad Fadlul Wajdi, melantik dewan hakim dan komisi dewan hakim disela waktu Musabaqah Tilawatil Quran  ke-23 tingkat kecamatan bantan di halaman madrasah tsanawiyah (MTS) Al falah desa jangkang.

Dewan hakim yang dilantik pada Musabaqah Tilawatil Qur'an yang ke-23 tingkat kecamatan bantan yakni. Drs. Mahmud dan sekretaris H. Ahmad parmuji, S.Pd.I

Kemudian untuk majlis hakim. diketuai oleh H. Sudaryanto, S.Pd.I,  dan para anggotanya yakni,  Muhammad Subandi, S.Pd.I, Safuan, Muzamil, sumiran, Tengku Iskandar, Masdarudin, Rahmad, H.Sriono, Sutarnu, Amri, juliar,Muhammad Rudi, Khoirun, Masuri, Satria Effendi, Muhammad Nur, Irma Kristina, Rusmidar, dan Sarmiati.

Camat bantan Fadlul wajdi. mengucapkan, "selamat bertugas krpada dewan hakim dan majlis hakim. Fadlul berharap agar bisa memberikan penilaian secara yang profesional sehingga nantinya bisa melahirkan qori dan qori'ah terbaik dan bisa mewakaili kecamatan bantan khususnya, ketika nanti bisa bertanding ke tingkat kabupaten", Harap Fadlul Wajdi.

Fadlul wajdi juga mrnyerahkan piala bergilir Musabaqah Tilawatil Quran kecamatan bantan, dari camat bantan kepada ketua panitia penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran ke-23 tingkat kecamatan bantan tahun 2018, oleh camat bantan.

Setelah penyerahan piala bergilir disambung dengan kata sambutan wakil ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Indra Gunawan Eed. Phd.

Foto Sefianus Zai.
Wakil Ketua DPRD Bengkalis H.Indra Gunawan Eed, Ph.D

Pria yang kerap disapa dengan bung Eed juga menyampaikan," Musabaqah Tilawatil Quran bukan hanya ajang kompetensi, bukan ajang dari perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran, juga bukan merupakan syiar dan bukan merupakan suatu evoria dalam melakukan perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran.

Tambah Eed lagi, kontek kita dalam Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kecamatan bantan tentunya mengikat islamiyah kita. Harapan dari kami mudah-mudahan dengan diadakan Musabaqah Tilawatil Quran yang tiap tahun kita lakukan ini, muncul generasi -generasi baru yang akan bersaing ditingkat kabupaten nantinya," tutur Eed.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin yang  membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-23 tingkat kecamatan bantan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine yang di dampingi oleh Camat Bantan  Muhammad Fadlul Wajdi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Indra Gunawan Eed. Phd, anggota DPRD  Bengkalis Sofyan, syaukani, danramil kecamatan bantan, kapolsek bantan, ketua Lptq kecamatan bantan, KUA kecamatan bantan, ketua baznaz kabupaten bengkalis, ketua panitia penyelenggara dan kepala desa jangkang.

Bupati  Amril Mukminin dalam sambutanya berharap." Di era globalisasi tanpa disadari pengaruh negatif tersebut masuk kelingkungan kita, turut mengikis nilai-nilai akhlak dan akidah umat islam. Pengaruh negatif seperti, pengedaran narkoba, hal yang sesat seperti sex bebas, dan lgbt juga menyasar umat islam, tidak terkecuali di kecamatan bantan".harap amril.

"Mudah-mudahan dengan mensyiarkan agama islam lewat Musabaqah Tilawatil Quran, nantinya akan dapat mewujudkan masyatakat islam yang cinta Alquran, sehingga kecamatan bantan bisa mendapat berkah dari allah swt dan mudah-mudahan menjadi kecamatan yang Beriman, Agamis, Damai, dan Berbudaya, (BERADAB),"harap amril lagi.

Foto Sefianus Zai.
Bupati Bengkalis Maril Mukminin bersama Wakil Ketua DPRD Bengkalis H.Indra Gunawan Eed, Ph.D dan Muspika

Selain itu Amril menambahkan lagi. Terlebih secara geografis kecamatan bantan berada diperairan pesisir, serta salah satu pintu gerbang keluar masuknya warga negara tetangga. Kondisi seperti yang dipaparkan diatas menjadi tantangan bagi kita semua untuk bersama-sama membentengi berbagai pengaruh tersebut.

Selanjutnya Amril menambahkan lagi, yang terpenting adalah masyarakat dan anggota keluarga tidak termasuk dalam lembah hitam,  seperti narkoba dan sejenisnya. Apalagi saat ini narkoba telah menjadi ancaman serius dan permasalahan bangsa yang bisa merusak daerah dan bangsa dengan meracuni grnerasi muda kita.

Untuk itu, " kami mengajak seluruh lapisan masyarakat di kecamatan bantan  khususnya, di desa jangkang ini, untuk berkomitmen memerangi dan melawan narkoba. Jangan narkoba meracuni masyarakat, terutama pelajar sebagai generasi muda kita," tegas amril.

Sebelum menutup sambutannya, Amril Mukminin selaku bupati bengkalis berpesan kepada para khalifah," kami ucapkan selamat mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-23 tingkat kecamatan bantan tahun 2018, dengan sebaik-baiknya.  Dan kepada para juri dan majlis hakim agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, Senantiasa junjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan keadilan", tutup amril.

H. Indra Gunawan Eed. Phd. Saat diwawancarai menyampaikan memberi pesan kepada masyarakat umum, khususnya kecamatan bantan. Apa yang disampaikan pak bupati itu kita harus mengselaraskan yang artinya, mengsinergikan dengan apa yang kita tuangkan didalam kompetensi syiar, dalam tajuk kita Musabaqah Tilawatil Quran.

Pertama, MTQ tentu kita implomentasikan bagaimana mengerti nilai dari kandungan Alquran tersebut, kita selaraskan jangan cuma hanya dibaca tapi tidak tau makna dan artinya, ini harus kita pahami. Yang kedua tentunya dari tahun ketahun zaman kezaman tak ado lain, ini jugo barangnyo, yang dibaco itu jugo. Terang bung Eed sambil senyum.

Foto Sefianus Zai.
Pelantikan Dewan Hakim

"Mudah-mudahan dengan dengan yang kita tunggu-tunggu event Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), setiap mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, hingga sampai ke tingkat nasional, mudah-mudahan kita menciptakan generasi baru yang siap berkompetensi ditingkat nasional," harap Eed.

Yang terakhir, kata wakill ketua DPRD Indra Gunawan. Phd. yang kerap disapa dengan bung Eed." Bagaimana mengkater kegiatan hal-hal yang sifatnya negatif seperti, obat-obatan terlarang. Apalagi kita nikan daerah pulau terluar. Saya menyimak, betul kata pak bupati tadi menyampaikan, kita ini daerah pulau terluar bagaimana menangkisnya, caranya kita menyakinkan kepada anak-anak kita, adik-adik kita, istri sodara semuanya menyatukan persepsi bagaimana kita ini agar cinta kepada ayat-ayat suci Alquran. Jadi bukan sebagai syiar, bukan sebagai untuk perlombaan tapi, menterjemahkan nilai-nilai dari kandungan ayat suci Alquran", Tutup Eed.

Acara penutup di iringi lantunan suara merdu oleh kesenian marawis Pondok Pesantren Modern Nurul Hidayah Kecamatan Bantan. Kab.Bengkalis.( Advertorial/Rdn)

Home