Komandan Korem (Danrem) 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi M.Si (Han) menggelar safari Ramadhan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).
"> Komandan Korem (Danrem) 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi M.Si (Han) menggelar safari Ramadhan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).
Home
 
 
 
 
Safari Ramadhan ke Inhu, Danrem 031 Wirabima Sosialisasikan Pencegahan Karlahut

Jumat, 01/07/2016 - 09:23:15 WIB
ZONA RIAU. COM - Inhu - Komandan Korem (Danrem) 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi M.Si (Han) menggelar safari Ramadhan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Safari Ramadhan ini sekaligus dimanfaatkan Brigjen TNI Nurendi untuk memberikan sosialisasi pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) kepada kepala desa, kapolsek dan unsur terkait lainnya di Aula Bappeda dan Litbang Inhu.

"Sosialisasi ini dimaksudkan agar kedepannya tidak lagi terjadi Karlahut di Riau pada umumnya dan Inhu pada khususnya. Karena dampak yang ditimbulkan akibat Karlahut sangat buruk seperti rusaknya ekosistem, terganggunya kegiatan belajar mengajar dan hubungan bilateral antar negara serta dampak negatif lainnya," tutur Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi.

Menurut Danrem, Karlahut yang terjadi di Riau merupakan kejadian rutin dan terus berulang sejak tahun 1997 hingga 2016. Kejadian ini disebabkan kondisi lahan gambut rawan terbakar serta kebiasaan masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar.

Untuk itu, lanjut Danrem, ada beberapa solusi yang ditawarkannya dalam upaya mencegah karlahut diantaranya dengan pembuatan embung atau kolam air, pembuatan sekat kanal, patroli darat, patroli air, patroli udara, sosialisasi ke kantor-kantor dan perkebunan serta apel siaga dalam rangka pengendalian karlahut. "Dan konsep pencegahan Karlahut yang telah diterapkan di Riau telah menjadi contoh oleh Pemerintah Pusat untuk diterapkan bagi daerah-daerah yang rawan terbakar di Indonesia," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Danrem juga mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang diterima, selama bulan Juni tidak ditemukan hotspot di wilayah Kabupaten Inhu. Ia memberikan apresiasi dan berharap ini dapat terus dipertahankan.

Sementara itu, Wakil Bupati Inhu H Khairizal menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan Danrem 031/Wirabima beserta rombongan di Kabupaten Inhu. Ia berharap seluruh element masyarakat di Kabupaten Inhu dapat bersama-sama mencegah agar Karlahut tidak lagi terjadi.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Pencegahan Karlahut yang dilakukan Wabup Inhu Khairizal, Ketua DPRD Inhu Miswanto, Dandim 0302/Inhu Letkol Inf Mujibburrahman Hadi, S.E, Kapolres Inhu Abbas Basuni, Kepala Kejaksaan Negeri Rengat Supardi, Ketua Pengadilan Negeri Rengat Muhamamd Iqbal, Kadis Kehutanan Inhu Suseno, Kadis Perkebunan Hendrizal, Kaban Lingkungan Hidup Bayu Setia Budiman, Kakan PBD Arifwan.(Wirabima/Efi)


Home