">
Home
 
 
 
 
Gubri: Ayo Bersama Membangun Ekonomi Riau

Senin, 27/03/2017 - 16:33:31 WIB
PEKANBARU -  Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman di tengah kesibukannya menyempatkan diri hadir pada acara pembukaan “Gebu Minang” atau Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang sekaligus Hut ke-17 Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kecamatan Mandau, pada Minggu (26/3/2017).

Pria yang akrab disapa Andi Rachman itu mengapresiasi Gebu Minang yang lebih concern dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. Andi menyebut bahwa salah satu kunci pertumbuhan ekonomi Riau adalah dengan tumbuh-kembangnya usaha kecil dan menengah.

Andi mengakui, sebenarnya uang yang beredar di Riau cukup besar, bahkan mencapai triliunan rupiah. Sayangnya, uang tersebut lebih banyak lari ke luar Riau karena masih minimnya usaha kecil dan menengah yang bisa menampung.

"Peluang ini ke depan harus kita maksimalkan. Usaha kecil dan menengah harus sama-sama kita dukung agar tumbuh dan berkembang. Dengan begitu, kita harapkan ekonomi Riau dapat tumbuh lebih baik,"harapnya.

Gubri menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi Riau dalam dua tahun terakhir kurang menggembirakan terutama akibat turunnya harga migas dan komoditi kelapa sawit di pasaran dunia. Migas dan kelapa sawit selama ini menjadi andalan utama di Riau.

Untuk itu ke depan, sektor lain seperti mendorong tumbuhnya usaha kecil dan menengah terutama di sektor ekonomi kreatif harus menjadi prioritas.

"Riau dikaruniai Tuhan banyak anugerah. Kita selain migas juga punya alam yang indah. Kita punya 4 sungai besar, makanya kita sedang giat-giatnya membangun pariwisata berbasis budaya,"ucap Gubri.

Potensi lain seperti perikanan laut juga ingin kita maksimalkan. Panjang garis pantai Riau yang mencapai 2.076 km adalah potensi besar untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat. "Mari kita manfaatkan potensi besar ini untuk Riau yang lebih baik,"pungkasnya.***
Home