Home
 
 
 
 
Binmas Polresta Pekanbaru Patroli Dialogis Sambangi Gallery ATM

Jumat, 09/06/2017 - 15:33:19 WIB
PEKANBARU, Jumat, 9 Juni 2017 Satuan Pembinaan Masyarakat Kepolisian Resor Kota Pekanbaru melaksanakan 
Patroli dialogis. Patroli dialogis ini memilih sasaran  sekuriti atau tenaga pengamanan galeri Anjungan Tunai Mandiri / ATM. Selain melaksanakan Dialog kepada tenaga pengamanan Galeri ATM, petugas juga berdialog dengan nasabah atau masyarakat yang akan menggunakan ATM. 

Patroli dialogis ini berkaitan dengan dengan seiring kemajuan teknologi di era modern, dimana para pelaku kejahatan juga semakin kreatif dalam melancarkan aksinya, salah satu bentuk kejahatan yang menggunakan mesin ATM saat ini adalah dengan modus " kartu ATM tertelan atau menyangkut ", dimana pelaku akan datang dan berpura-pura sebagai penolong.

"Jika mengalami situasi seperti ini kami harapkan kepada nasabah atau pengguna ATM untuk tidak langsung panik dan menerima bantuan orang yang tidak dikenal, akan tetapi segera minta bantuan kepada petugas bank setempat atau petugas yang jelas identitas nya atau bisa juga dengan menghubungi nomor call center bebas pulsa yang ada di mesin ATM" Jelas BRIGADIR OMAZ. 

Selain itu bentuk kerawanan-kerawanan yang sering terjadi ditempat ATM antara lain adalah dengan modus penipuan undian berhadiah sehingga harus mentransfer sejumlah uang ke rekening orang yang tidak bertanggung jawab,  modus penipuan pergantian no. Pin ATM,  serta pencurian dengan kekerasan terhadap orang yang sedang mengambil uang di ATM.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol. Susanto, S,i.k, S.H, M.H melalui Kasat Binmas AKP Sunarti saat dikonfirmasi mengatakan bahwa "untuk mengantisipasi hal tersebut maka kita meningkatkan patroli dialogis di galeri ATM yang ada di seputaran wilayah Kota Pekanbaru guna mengantisipasi tindak kejahatan yang sering terjadi di galeri ATM". 

Senada dengan hal tersebut Wakapolresta Pekanbaru AKBP EDY SUMARDI PRIADINATA,  S.I.K menjelaskan bahwa trend kejahatan saat bulan suci Ramadhan cenderung meningkat terlebih kejahatan berupa penipuan atau pencurian terhadap orang atau nasabah yang menggunakan mesin ATM. Untuk itu kami Polresta Pekanbaru meng Imbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati saat akan menggunakan mesin ATM, jika mengalami permasalahan dengan kartu ATM,  maka mintalah bantuan kepada petugas bank yg memakai seragam dan tanda pengenal resmi dari bank" tutupnya.
Home