Home
 
 
 
 
Awalnya Keberadaan Masyarakat Nias Di Lampung
SELAYANG PANDANG MASYARAKAT LAMPUNG ASAL KEPULAUAN NIAS

Sabtu, 17/06/2017 - 21:16:41 WIB
Foto: Ilustrasi Tarian Khas Adat Nias
TERKAIT:
Lampung- Kebeadaan Masyarakat Nias di Provinsi Lampung merupakan suatu sejarah untuk di ketahui. Menurut sumber, adapun Tokoh dan pendiri Keluarga Besar Nias Lampung adalah Bapak Djunaeidi Mendofa warga Lampung yang berasal dari Suku Nias yg pertama lahir di lampung yang di sebut Bumi Ruai Jurai .  

Menurut pengakuan beliau ( Bpk.  Djunaedi Mendofa) tidak lama setelah Orang tuanya  tiba  dan menetap di bandar lampung meletuslah Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Dan beliau lahir di tanjung karang  Lampung thn 1933, Berarti   masyarakat lampung yang berasal dari Pulau Nias sudah ada di Lampung  berkisar 134 tahun  yang lalu .     
        
Dari  tahun 1980 sampai dengan 1982 beliau dalam kesibukan sehari-hari sering bertemu
 Orang-orang yang berasal dari Pulau Nias di kota itu, antara lain  bapak K.Daeli ( alm) yang kerja di dinas kesehatan propinsi lampung , bapak  S.Jamasi ( alm)  yang dinas di Kantor Sospol Propinsi lampung  dan berlanjut dengan pertemuan-pertemuan kecil.

Dari sinilah di gagas suatu wadah untuk bisa ketemu sesama masyarakat lampung  yang berasal dari Pulau Nias yang disebut Persatuan Keluarga Besar Nias ( PKBN ) Lampung .
         
Gagasan untuk membentuk  PPKBN ini semangkin bergairah setelah  datang  bpk. Fil. Halawa dan berdinas sebagai Pembimas Kristen di kantor Dept Agama, propinsi Lampung. 

Maka lahirlah Persatuan Keluarga Besar Nias Lampung  di tahun 1993 dan ketua umum Bpk. Fil. Halawa ,  Sekretaris bpk S.Zamasi , dengan anggota Bpk. Djunaedi Mendofa , dan bpk. Sabar Zendatò  dan alamat Sekretariat  di rumah beliau  ( Bpk. Djunaedi Mendofa ) di Jl. Yudistira no 11 Tanjung karang Lampung  , dengan tujuan agar anak -anak mereka tidak lupa budaya Nias , dan selalu ingat asal usulnya sebagai Orang Nias . dan seterusnya hingga sd saat ini sudah 24 tahun .              

Adapun  para   Ketua PKBN Lampung dari periode pertama sampai dengan saat ini adalah : 
      
1. Bp. Fil . Halawa ( alm ) 
2. Bp. S . Zamasi  ( alm ) 
3. Bp.  Disiplin Manaò SH , MH 
4. Bp. Faozisokhi Lase.SE
5. Bp. Arifin Larosa ( alm )                          
6. Bp. Faozisokhi  Lase SE
7. Bp. Dr.Saroli Waruwu , MM, M.Pd
8. Bp. Salatieli Daeli SH .sampai 
    dengan    sekarang .
              
Dengan hadirnya Masyarakat Lampung yang berasal dari Pulau Nias   di Kota ini , turut menyumbang dan meramaikan pesatnya pembangunan di Propinsi Lampung sebagaimana kita saksikan saat ini .                       
            
Seiring dengan perjalan waktu tidak  terasa Masarakat lampung yang berasal dari Pulau Nias saat ini  kurang lebih 1000 KK. Berada di Propinsi ,  Kota Kabupaten , bahkan sampai di   pelosok-pelosok di Propinsi Lampung , dengan berbagai macam profesi dan kontribusi terhadap pembangunan Lampung antara lain : 
         
1.Pegawai Negri / Polisi /  TNI / Hakim
2. Hamba Tuhan  atau Pendeta                  
3. Pegawai Swasta
4. Pengusaha 
5. Mahasiswa dan Pelajar 
                              
            
Persatuan Keluarga Besar Nias Lampung   adalah organisasi sosial yg memperhatikan masalah-masalah sosial  di kota ini,  terutama untuk   Masarakat Lampung yang berasal dari Pulau Nias    dengan tidak membeda-bedakan kepercayaan yg di anut oleh masing-masing anggota  demi terwujudnya tujuan organisasi tersebut di atas dengan Motto "  U'ALUI DALIFUSÃ’GU " ( Kucari saudaraku ) dari kita untuk kita.  
           
Persatuan Keluarga Besar Nias Lampung  Juga masuk dan aktif di dalam Forum Komunikasi Masarakat Lampung  ( Fokmal ) .  

             
Melalui keberadaan Persatuan Keluarga Besar Nias Lampung , maka pada tahun 2009 , berdirilah Gereja Banua Niha Keriso Protestan ( BNKP ) Lampung .

                
Demikianlah  selayang pandang masarakat lampung yg berasal dari Pulau Nias ,dari waktu kewaktu hingga saat ini  keterima kasih . 
Y A' A H O W U

Oleh : Faozisokhi Lase  SE.
Narasumber : 
Bp. Djunaedi    Mendofa      
Dalam rangka  Musda I Himni    Lampung   Tanggal 16 - 17 Juni  2017
Home