Kanker Serviks menjadi pembunuh utama perempuan yang ketiga di dunia, hal ini disampaikan inisiator KICKS Prof dr Andrijono SpOG."> Kanker Serviks menjadi pembunuh utama perempuan yang ketiga di dunia, hal ini disampaikan inisiator KICKS Prof dr Andrijono SpOG." />
Home
 
 
 
 
PENYAKIT MEMATIKAN NOMOR TIGA DI DUNIA
Ruben Onsu Gantikan Jupe Jadi Duta Kanker Serviks

Selasa, 15/08/2017 - 09:47:42 WIB
JAKARTA - Kanker Serviks menjadi pembunuh utama perempuan yang ketiga di dunia, hal ini disampaikan inisiator KICKS Prof dr Andrijono SpOG.

Salah satu korban penyakit kanker Serviks ini baru baru ini adalah artis Julia Perez yang juga pernah diangkat menjadi Duta Kanker Serviks sebelum meninggal.

Julia Perez sebelum meninggal pernah meminta kepada  Ruben Onsu untuk meneruskan perjuangannya menjadi Duta Kanker Serviks saat acara kampanye kanker serviks sekitar bulan Desember lalu.

Ruben Onsu saat itu, pernah mewakili Almarhumah Jupe dalam acara kampanye Kanker Serviks karena (alm) tidak bisa hadir karena penyakit yang dideritanya semakin parah.

Sahabat Jupe (alm) menuturkan, " Saat itu, saya sempat sempat sok mendengar kabar bahwa sahabat gue Jupe ivonis kanker serviks. Gue disuruhnya untuk menggantikannya untuk acara kamapanye Kanker serviks," tuturnya Ruben seperti di kutip CNN.

Ketika itu, hanya terbesit di benak Ruben bahwa  kanker sudah menguasai tubuh Julia Perez, namun saat itu Ruben hanya berharap alm Jupe masih ada kesempatan untuk sembuh.

Tapi apa hendak dikata, Jupe (alm) menjadi salah satu wanita yang menjadi duta Kanker Serciks juga menjadi korban penyakit ganas itu.

Dalam penuturan Ruben Oncu, tante dari istriny Sarwendah juga pernah menjadi korban penyakit Kanker Serviks itu. " Ya, tante intri gue, dia juga meninggal gara-gara penyakit itu," paparnya Ruben sedih.

Berkaca dari kejadian itu, menurut presenter ini kaum pria juga penting mengenali penyakit Kanker Serviks itu. "Perlu bagi suami memberikan suport bagi istrinya atau keluarganya dari temennya itu juga penting." jelas Ruben.

Setelah di tunjuk menjadi Duta Kanker Serviks, Roben Oncu beharap masyarakat harus banyak yang mengetahui hal penyakit yang mematikan ini. Dia beralasan, kebanyakan masyarakat hingga kini masih minim penegetahuan dan pencegahan penyakit mematikan ini bagi kaum hawa.

"Saya harap media sosial juga menjadi wadah sosialisasi terkait penyakit Kanker Serviks ini lebih cepat, contohnya, akun Instagram dan Facebook milik saya paling banyak pengunjung," Tutur Ruben percaya diri.

Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) menyebut kanker serviks merupakan penyebab kematian ke-tiga terbanyak bagi wanita di Indonesia.

Inisiator KICKS Prof dr Andrijono juga berharap kepada Pemerintah untuk menjadikan program vaksinasi HPV  menjadi salah satu program secara Nasional.

" Penyakit kanker Serviks ini sudah mulai tahap genting. Menurut data Globocan yang dirilis WHO/ICO Information Centre on HPV and Cervical Cancer pada 2012, terdapat satu wanita Indonesia meninggal dalam satu jam setiap hari karena kanker serviks dan diprediksi terdapat 58 kasus baru setiap hari,"Jelasnya prihatin. (Dani)
Home