Home
 
 
 
 
Ketua IPPMBR: Festival Hari Kelapa Internasional Jangan Sampai Terkesan Acara Seremonial Belaka

Jumat, 08/09/2017 - 23:52:38 WIB
INHIL- Kabupaten Indragiri Hilir adalah kota yang dijuluki kota seribu parit serta kota ibadah dan lebih dikenal dengan sumberdaya alam yang memiliki potensi kebun kelapa  yang luas. Hal ini terbukti dimana pemerintah daerah mengelar acara akbar yakni Festival Hari Kelapa International yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 9-11 september 2017.

Festival tersebut diselenggarakan dengan harapan memperkenalkan Inhil sebagai daerah hamparan kelapa dunia  sehingga investor asing tertarik untuk menanam modal di negeri seribu parit ini. Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang anak petani kelapa, Jamaluddin selaku ketua IPPMBR (Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Banjar Riau) Kab. Inhil, yang juga merupakan Putra asli daerah Tembilahan, Kamis 7/9/17.

Menurutnya, yang jauh lebih penting dari itu adalah bagaimana pemerintah daerah harus mampu mengembangkan industri lokal yang sepaket dengan Pengembangan Sumber daya manusia untuk mengembang dan memberdayakan kelapa yang endingnya adalah multi produksi tentang kelapa itu sendiri, tuturnya.

Sambungnya, Seharusnya, acara perhelatan besar ini harus dibuat dalam satu kesatuan manajemen yang tersusun rapi dalam item  sesuai prosedural. Melibatkan petani kelapa ikut peran dalam pameran hasil karya petani dalam mengelola kelapa  sehingga tidak dinilai eugori semata dan harus mengutamakan kepentingan petani kelapa jangan sampai terkesan acara ini hanya seremonial belaka, tidak mendapatkan target untuk kesejahteraan masyarakat petani kelapa khususnya di kabupaten indragiri hilir ini, harap Jamaluddin.

Sementara itu, salah seorang petani kelapa  yang nama tidak mau di sebutkan, dirinya menyampaikan harapan semoga dengan adanya acara festival hari kelapa internasional ini akan mendapatkan hasil yang memuaskan bagi petani dan masyarakat inhil khususnya, dan harganya lebih setabil naik. Jangan sampai setelah adanya acara besar ini harga kelapa tidak ada perkembangan, pintanya.

Dia nya pun mengapresiasi pemerintah kabupaten indragiri hilir dan berharap kegiatan Festival hari kelapa Internasional tersebut berjalan dengan baik.

"Sukses buat pemerintah kabupaten indragiri hilir atas terselenggara acara festival hari kelapa internasional ini. Semoga inhil lebih bermarwah dan bermartabat" Pungkasnya.

(Jl/Bung Alvin)
Home