Home
 
 
 
 
Mantan Napi Jadi Plt. Sekda Kab. Nias Utara
Dikonfirmasi Tentang Pengangkatan Plt. Sekda Nias Utara, Bupati Meradang

Rabu, 13/09/2017 - 10:39:56 WIB
Nias Utara - Terkait mutasi jabatan Sekda kabupaten Nias Utara menuai polemik ditengah-tengah masyarakat. Pasalnya pada hari Senin 11 September 2017 Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara, A.md menerbitkan SK Plt. Sekda An. Drs. Fonaha Zega.

Sebelumnya, desas-desus wacana tentang pengangkatan Sekdas Nias Utara itu, informasinya sudah berkembang luas ditengah-tengah madyarakat. Hal ini disebabkan oleh status narapidana yang pernah disandang Fonaha Zega selama 2 tahun, 4 bulan.

Menyikapi hal itu, Korwil LAKRI Kepulauan Nias, Darianus Lahagu menilai bahwa keputusan Bupati Nias Utara yang menempatkan mantan narapidana pada jabatan strategis daerah tersebut merupakan keputusan yang keliru.

"Kita menghargai hak prerogatif Bupati (Nias Utara_red)  yang telah menetapkan Drs. Fonaha Zega sebagai Plt Sekda. Akan tetapi, sangat disayangkan apabila hal itu tidak berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku. Ini merupakan keputusan yang keliru". Tuturnya kepada awak media Selasa 12/9/17.

Daris mengatakan bahwa pada tahun 2016, Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen OTDA, telah menerbitkan surat perintah yang ditujukan kepada pemerintah daerah Sumatera Utara dan diteruskan kepada pemerintah kabupaten Nias Utara, untuk tidak menempatkan Drs. Fonaha Zega pada jabatan strategis daerah. Acuannya adalah laporan masyarakat yang didasari oleh UU No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur sipil negara.

"Jelas, Kemendagri sudah melarang hal itu. Pak bupati kan seakan-akan mengangkangi konstitusi kita. Tapi Saya tidak tahu, ya? Apakah Kemendagri akan berani menjilat ludah sendiri", pungkad Darianus Lahagu.

Ketika dikonfirmasi kepada Bupati Nias Utara, M. Ingati Nazara via seluler Rabu 13/9/17  terkait masalah ini, awalnya Ingati Nazara menjawab telpon wartawan zonariau.com namun tiba-tiba Ingati Nazara memutuskan sambungan telpon setelah dia ketahui bahwa yang menelponnya adalah wartawan zonariau.com. 

"Ini siapa?" Tanya Ingati Nazara.
Saya Wartawan Zonariau.com Pak, (wartawan zonariau.com menyebut nama sambil memperkenalkan diri, dan meminta ijin untuk melakukan konfirmasi). Saat itu juga sambungan telpon terputus dan diduga diputuskan sepihak oleh Ingati Nazara.

Hingga berita ini diterbitkan belum ada klarifikasi dari pihak Pemerintah Kabupaten Nias Utara. (Tim/Ir.Hl)

Editor:  Alvin Hulu
Home