Home
 
 
 
 
Riau Kaya
Riau menjadi Tuan Rumah Hari Kelapa Dunia

Sabtu, 09/09/2017 - 22:01:50 WIB
Tembilahan - Riau yang kaya akan potensi semakin terkenal di mata dunia internasional. Salah satunya adalah kekayaan komoditi kelapa. Ternyata kabupaten Indargiri Hilir merupakan penghasil kelapa terbanyak dunia .Ditandai dengan penerimaan dua penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sekaligus, Festival Kelapa Internasional (FKI) dan Perayaan Hari Kelapa Dunia (World Coconut Day) di Kabupaten Indragiri Hilir, resmi dibuka. Pembukaannya dilakukan langsung oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Sabtu sore (9/9/2017).

Dalam sambutannya, Gubernur Riau memberi penghargaan yang luar biasa kepada Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan, atas pelaksanaan FKI tersebut. Seperti dikatakannya, dengan pelaksanaan FKI tersebut semakin menunjukkan komitmen Bupati Inhil HM Wardan untuk mengangkat kelapa Inhil.

"Dengan penyelenggaraan Festival Kelapa ini, tentu akan memberikan informasi potensi di Inhil ini hingga ke seluruh dunia. Kita berharap dengan ini, akan membawa kepada masyarakat Inhil, khususnya para petani kelapanya," tegas gubernur yang biasa disapa Andi Rahman itu pada sambutannya saat membuka pelaksanaan FKI 2017.

Komitmen Bupati Inhil HM Wardan untuk mengangkat potensi kelapa di Inhil, sambung Andi Rahman, merupakan langkah yang luar biasa. Seperti yang dikatakannya, mengangkat kelapa berarti mengangkat harkat masyarakat langsung.

"Bicara kelapa berarti bicara rakyat. Sebab, 90 persen dari total perkebunan kelapa itu adalah milik rakyat langsung dan bukan milik perusahaan," katanya.

Dipaparkan Andi, dari 515 ribu hektar lebih luas perkebunan kelapa di Provinsi Riau, 430 ribuan hektarnya atau sekitar 81 persen berada di Inhil. Dengan luasannya yang sangat besar dan mayoritas dikuasai oleh rakyat itu, sambung Andi, tentu harus disikapi oleh Pemkab Inhil untuk jangan ragu mengangkatnya terus.

"Ke depan agar terus memperhatikan kelapa ini termasuk untuk terus pada programnya dalam penyelamatan perkebunan kelapa di Inhil ini. Jangan ragu mendukung perbaikan kelapa rakyat, karena ini akan menopang petani di Inhil," pungkasnya.

Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Kelapa Dunia (Word Coconut Day) pada bulan September 2017 Mendatang. "Semoga dengan kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan harga kelapa masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir," ungkap Bupati Muhammad Wardan beberapa waktu lalu.

Wardan mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi nilai jual kelapa yang merupakan sumber penghasilan sebagian besar masyarakat Inhil.

Dengan mengusung tema tentang perkelapaan, Peringatan Hari Kelapa Dunia ini akan diisi dengan kegiatan Festival Kelapa Internasional, pertemuan, pameran dan kegiatan lainnya. "Kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan kegiatan-kegiatan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan kelapa, terutama petani sebagai pemilik utama kebun kelapa yang ada," ujarnya.

Ia mengatakan, peringatan Hari Kelapa Dunia ini tentu saja akan menarik minat banyak pihak yang tertarik dengan hasil kelapa, terutama para investor yang akan menanamkan investasinya di bidang perkelapaan.( Adv)


Home