Januari Gea yang menjadi korban kekejaman perusahaan PT.RCM semakin menjadi-jadi.Walau sudah di surati oleh dinas tenaga kerja Provinsi Riau, perusahaan yang diduga tidak memiliki iz"> Januari Gea yang menjadi korban kekejaman perusahaan PT.RCM semakin menjadi-jadi.Walau sudah d" />
Home
 
 
 
 
Kejam Bagai Penjajah
PT. Riau Cipta Mandiri Bandel Tidak Hiraukan Disnaker, Januari Gea Tidur Dihalaman

Selasa, 14/11/2017 - 20:55:53 WIB
Petugas Disnaker bersama keluarga Januari Gea di halaman Rumah
TERKAIT:
PEKANBARU - Januari Gea yang menjadi korban kekejaman perusahaan PT.RCM semakin menjadi-jadi.Walau sudah di surati oleh dinas tenaga kerja Provinsi Riau, perusahaan yang diduga tidak memiliki izin kebun kelapa sawit ini tetap membandel.

Sejak Jumat tanggal 10 Nov 2017 Januari beserta anak istrinya hanya berteduh dibawah tenda seadanya.

Syafrizal pengawas disnaker provinsi Riau yang turun kelokasi usai mendapat laporan dari Serikat Buruh Riau Mandiri  mengatakan bahwa sungguh keterlaluan perlakuan perusahaan kebun sawit PT.RCM ini.

Tak hanya buruh yang diberlakukan tidak manusiawi oleh PT.RCM ini, utusan dari Disnaker Provinsi Riau sewaktu mengantar surat saja tidak diterima oleh staf perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar  Riau ini.

"Kami saja tidak dihiraukan sama mereka," ucapnya Afrizal kesal. 

Syafrizal menuturkan bahwa benar Januari Gea telah diusir dan dikeluarkan secara paksa dari dalam rumah yang dihuni selama ini. Pihak perusahaan juga tidak memberi penjelasan dan tidak mau berkomunikasi dengan disnaker, mereka beralasan semuanya telah diserahkan kepada pengacara.

Menurut Syafrizal, perlakuan perusahaan ini telah dilaporkan dan berkoordinasi dengan  Polda Riau untuk mendapat pengawalan dan pemantauan atas tindakan kesewenang-wenangan perusahaan.

Kepada Serikat Buruh Riau Mandiri yang mendampingi kasus ini Syafrizal menjelaskan bahwa Disnaker sudah berkoordinasi dengan Polda dan Pemerintah kecamatan , agar membantu memediasi dan menyadarkan pihak perusahaan atas tindakan mereka yang diluar aturan. 

"Besok kami akan rapat bersama pimpinan upika kecamatan Kampar Kiri untuk mencari solusi karena kami dari disnaker sudah tidak dihiraukan oleh perusahaan ini,"ungkapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa PT. RCM mengusir Januari Gea dari rumah pada tanggal 10/10/2017 minggu lalu, ditengarai perlakuan ini dilakukan perusahaan akibat Januari melaporkan perusahaan ke disnaker atas hak-haknya yang tidak dia terima selaku pekerja.

Akibat pengusiran itu Januari Gea beserta istri dan anak-anaknya terpaksa menginap di halaman rumah di bawah tenda seadanya.

Pihak perusahaan bahkan melarang karyawan lain untuk menampung januari di rumah mereka.

Sampai berita ini ditayangkan pihak PT. RCM melalui pengacaranya tidak mebalas sms dari wartawan (team)




Home