Ketua Umum Serikat Buruh Riau Mandiri Herman Zai, mengecam keras tindakan pihak PT. Riau Cipta Mandiri (PT. RCM)
"> Ketua Umum Serikat Buruh Riau Mandiri Herman Zai, mengecam keras tindakan pihak PT. Riau Cipta Mandiri (PT. RCM)
" />
Home
 
 
 
 
SBRM MENGECAM TINDAKAN PT. RCM TERHADAP JANUARI GEA

Selasa, 14/11/2017 - 21:47:48 WIB
PEKANBARU - Ketua Umum Serikat Buruh Riau Mandiri Herman Zai, mengecam keras tindakan pihak PT. Riau Cipta Mandiri (PT. RCM) mengusir korban kecelakaan kerja An.Januari Gea dari Perumahan Perusahaan tempat tinggal dan keluarganya selama ini pada tanggal 10 November 2017 beberapa hari yang lalu.

Herman Zai yang ditemui dilingkungan Kantor Disnakertrans Provinsi Riau mengatakan; hari ini Selasa 14 November 2017  SBRM kembali melayangkan surat laporan kedua ke Disnakertrans Profinsi Riau atas tindakan perusahaan terhadap Januari Gea dan Keluarganya.

Kita memohon kepada Disnakertrans Provnsi Riau agar melakukan tindakan cepat tanggap darurat mengingat Januari Gea dan keluarganya sampai ini hari berada dihalaman perumahan yang hanya beratapkan tenda seadanya.

Anak-anak Januari Gea ada dua org yang masih kecil-kecil masih duduk di bangku sekolah SD, saat ini sedang musim hujan, tentu kita semua bisa membayangkan penderitaan mereka seperti apa, ini benar-benar penindasan terhadap tenaga kerja, hanya karena pekerja ini mengadu ke Disnakertrans tentang Kecelakaan Kerja yang telah dialaminya, bukannya perlindungan yang didapatkan malah tindakan yang tidak berperikemanusiaan.

"Tindakan PT. RCM ini melebihi tindakan kolonialisme atau penjajahan, masa pekerjanya sudah cacat seumur hidup akibat dari kecelakaan kerja di area kerja perusahaan tersebut, kemudian ditindas dan ditelantarkan. Tindakan ini melebihi dari perbudakan" sudah jatuh tertimpa tangga pula, hal ini sangat miris dan menyedihkan, ini pelanggaran Hak Azasi Manusia." ujarnya Herman.


Herman berharap ada tindakan dari Disnaker Riau dalam penanganan secara darurat, kalau perusahaan tidak menggubris juga perintah Disnaker Provinsi Riau maka persoalan ini akan di bawa ke Kementrian Tenaga Kerja dan Komnas HAM.

Sementara itu Pegawai Pengawas Disnakertrans Provinsi Riau Syafrizal yang menangani masalah ini mengatakan bahwa Setelah kami menerima laporan lisan SBRM tentang persoalan ini, kami dari Tim Disnaker langsung turun ke lokasi  pada hari Senin 13 November 2017 dan benar saat ini pekerja Januari Gea beserta keluarganya berada diluar rumah dihalaman perumahan perusahaan, pintu depan dan belakang tempat tinggal pekerja selama ini telah dipaku dan dipalang oleh pihak perusahaan.

Selain turun langsung melihat kondisi Januari Gea dilapangan, Disnaker Provinsi Riau ini juga telah mengirim Surat Peringatan Keras terhadap perusahaan, dan besok hari Rabu 15 November 2017, Disnaker melakukan rapat dengan Unsur Muspika setempat untuk menyikapi persoalan ini.

Syafrizal juga menyampaikan bahwa pihaknya (Disnaker-red)  juga  terus melakukan  koordinasi dengan penegak hukum lainnya sambil menunggu perkembangan hasil rapat. (Al)
Home