Menjelang masa pensiun  1 April 2018 Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memiliki nama penggantinya yang telah memenuhi syarat."> Menjelang masa pensiun  1 April 2018 Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memiliki nama peng" />
Home
 
 
 
 
Johan Budi Sebutkan Presiden Telah Dapat Calon Tunggal Pengganti Panglima TNI

Senin, 04/12/2017 - 17:35:08 WIB
JAKARTA - Menjelang masa pensiun  1 April 2018 Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memiliki nama penggantinya yang telah memenuhi syarat.

Hal ini dungkapkan Presiden Johan Budi SP jurubicara presiden Jokowi Senin (4/12/2017). " Penggati Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sudah ada, dia calon tunggal," ujarnya Johan di istana.

Mantan jurubicara KPK ini menjelaskan, pergganti panglima Gatot sudah lama dipersiapkan. Syarat dan ketentuan itu harus sesuai dengan 
dengan Undang-undang Nomor 34 tahun 204 tentang TNI.

"Syarat dan ketentuan sudah jelas diatur dalam UU TNI Pasal 13, di mana disebutkan Presiden bisa mengajukan calon tunggal Panglima TNI dan meminta persetujuan DPR." Terang Johan.

Menurut Johan, yang memenuhi syarat dan kententuan itu adalah salah satunya Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto.
 
Johan menambahkan, syarat dan ketentuan untuk menjadi Panglima TNI pernah menjadi Kepala Staf, perwira aktif, perwira tinggi aktif atau sedang menjadi Kepala Staf angkatan.

"Presiden menentukan pilihan, dan selanjutnya diajukan ke DPR RI," ujarnya Johan. (Dani)
Home