Gubri Arsyadjuliandi Rachman menghunjuk Kabupaten Kuansing sebagai tuan rumah penyelenggaraan aksi menanam pohon 2017 yang dilaksanakan di Desa Pantai Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)."> Gubri Arsyadjuliandi Rachman menghunjuk Kabupaten Kuansing sebagai tuan rumah penyelenggaraan aksi menanam pohon 2017 yang dilaksanakan " />
Home
 
 
 
 
ADVERTORIAL
Antispasi Global Warning, Pemprov Riau Tunjuk Kuansing Untuk Menanaman Pohon Serentak

Rabu, 13/12/2017 - 03:48:14 WIB
TELUKKUANTAN -  Gubri Arsyadjuliandi Rachman menunjuk Kabupaten Kuansing sebagai tuan rumah penyelenggaraan aksi menanam pohon 2017 yang dilaksanakan di Desa Pantai Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Aksi penanaman pohon serentak ini Gubri di dampingi Bupati Kuansing H.Mursini Wakil Bupati Kuansing, H Halim, Forkompinda Kuansing, kepala OPD Provinsi Riau dan Kuansing serta pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemkab Kuansing.

Kegiatan penanaman pohon serentak Provinsi Riau dengan tema "Kerja Bersama Makmurkan Rakyat Lestarikan Alam" dilaksanakan Selasa (12/12/2017).
 
Gubri dalam sambutannya menyampaikan, aksi menanam pohon secara serentak yang dipusatkan di Kabupaten Kuansing ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan keikutsertaan seluruh elemen bangsa mencintai lingkungan.

"Untuk mengurangi pemanasan global, perlu kesadaran kita untuk melakukan penanaman pohon yang berkesinambungan. Bila pohonnya sudah besar maka dapat mencegah terjadinya banjir serta meningkatkan penyerapan kabordioksida dalam suasana gobal warning," Terangnya Gubri yang akrab dipanggil Andi Rachman ini.

Gubri juga berharap setelah tanaman ini diberikan kepada masyarakat agar segera ditanam dilahan terbuka untuk mengurangi dampak kekeringan dan tanah gersang  serta bumi kita semakin hijau.

Sementara Bupati Kuansing, H Mursini dalam samutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau dengan dipilihnya Kuansing sebagai tuan rumah tempat penyelenggaraan acara aksi menanam pohon serentak tingkat Provinsi Riau untuk akhir tahun 2017 ini.

Aksi menanam pohon serentak kali ini ada  5.500 batang tanaman buah-buahan yang diberikan kepada masyarakat  untuk penghijauan pekarangan dan 27.634 batang untuk jenis tanaman buah-buahan sejenis multi purpose tree species (MPTS) untuk elemen masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kuansing Jafrinaldi, penanaman pohon berbagai jenis tersebut merupakan bagian dari gerakan satu juta pohon yang dicanangkan pemerintah. Menurut Jafrinaldi, gerakan menanam pohon dilakukan atas dasar kepedulian pemerintah terhadap lingkungan.

"Kita tak hanya menanam kayu biasa, tapi juga tumbuhan yang berbuah. Kita berharap, masyarakat bisa memelihara dan menjaga tanaman ini," Harapnya Jafrinaldi.

Jafrinaldi juga menyebutkan penanaman pohon yang dipusatakan didaerah Desa Pantai karena desa tersebut berdekatan dengan kawasan hutan  sekaligus menjaga kawasan kelestarian lingkungan. (ADV)***
Home