Home
 
 
 
 
Syaratkan Sertifikat UKW
Pemkab Karimun menuai Protes Ikatan Wartawan Online ( IWO)

Rabu, 27/12/2017 - 22:33:09 WIB

KEPRI-Ikatan Wartawan Online Provinsi Kepulauan Riau (IWO Kepri) melayangkan surat protes dan keberatan kepada Pemerintah Kabupaten Karimun terkait pengumuman kerja sama publikasi media untuk tahun anggaran 2018.

Surat pengumuman publikasi media massa dengan No 489/HMS/149/XII/2017, tertanggal 11 Desember 2017 yang ditandatangani Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Tang tersebut dinilai secara eksplisit membatasi hak-hak umum pers nasional, dan secara implisit organisasi IWO Kepri.

Ketua Pengurus Wilayah IWO Kepri Rudiarjo Pangaribuan dalam keterangan pers yang diterima Jurnal, Rabu mengatakan, surat keberatan dan protes tersebut dilayangkan setelah melalui pertimbangan matang dalam rapat pengurus yang digelar beberapa hari lalu.

"Surat Pemkab itu tendensius mengekang kemerdekaan pers dalam berekspresi sesuai Undang-undang pers itu sendiri," ujar Rudi di Batam.

Rudi menilai, kebebasan berserikat, berekspresi juga diatur secara tegas dalam UUD 1945. Dengan demikian, setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tidak boleh melanggar peraturan perundang-undangan.

"Mudah-mudahan surat protes yang sudah diterima Pemkab Karimun dalam minggu ini. Kami berharap, dengan masuknya surat kami dapat dipertimbangkan oleh Pemkab Karimun," ujarnya.

Dia mengatakan, keseriusan pihaknya dalam atensi surat kepada Pemkab, surat yang dikirim akan ditembuskan ke Pengurus Pusat IWO, Dewan Pers, Gubernur Kepri, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kepri.

"Tujuannya, agar ini semua clear. Harapan kami, Pemkab Karimun punya pertimbangan yang baik. Kami mempertegas bahwa, kami layangkan surat itu tentu sudah ada pertimbangan matang di internal Iwo Kepri," tambahnya. (*)

Home