Home
 
 
 
 
Apel Gelar Senja Pramuka 2018, Bupati Inhil Bertindak Sebagai Irup

Sabtu, 10/02/2018 - 23:09:43 WIB
INHIL- Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memimpin Apel Gelar Senja Gerakan Pramuka Tahun 2018. Pada kegiatan apel ini, Bupati Inhil bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Tembilahan, Sabtu (10/2/2018) sore.

Apel Gelar Senja yang dipusatkan di halaman kediaman dinas Bupati Inhil, Jalan Kesehatan Nomor 1, Tembilahan ini juga dirangkai dengan kegiatan pengukuhan Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Inhil masa bakti 2017 - 2018.

Bupati Inhil, HM Wardan dihadapan puluhan anggota Pramuka Inhil mengungkapkan, Apel Gelar Senja yang dilaksanakan sebenarnya merupakan rutinitas tahunan yang dicananglan sejak tahun 2014 silam.

"Apel ini merupakan salah satu ikhtiar kita guna meningkatkan semangat dan motivasi, agar aktivitas gerakan Pramuka di 'Negeri Hamparan Kelapa Dunia' ini semakin maju dan bermutu, dalam upaya memupuk wawasan kebangsaan, patriotisme dan persaudaraan anggota Gerakan Pramuka," jelas Bupati.

Sejalan dengan apel gelar senja, Bupati yang juga melaksanakan pengukuhan Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwartir Cabang Inhil mengatakan, satuan tugas tersebut merupakan sarana implementasi dari tugas pokok Gerakan Pramuka.

"Seperti yang diketahui, tugas pokok Gerakan Pramuka yang begitu umum itu, yakni menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik," pungkas Bupati.

Dengan telah dikukuhkannya Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Indragiri Hilir ini, Bupati berharap agar tugas - tugas yang telah diamanahkan dapat terlaksana dengan sebaik - baiknya sesuai dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 230 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Peduli.

"Sehingga, melalui aktivitas Satgas Pramuka Peduli, Gerakan Pramuka Inhil dapat semakin memantapkan keberadaan dan perannya di tengah - tengah masyarakat dan pembangunan daerah, terutama dalam upaya pembangunan Sumber Daya Manusia yang dilaksanakan bersama - sama Masyarakat, Pemerintah serta Lembaga Swadaya dan Organisasi Masyarakat lainnya," kata Bupati.
 
Selain itu, masih bersinggungan dengan tujuan pembentukan Satgas Pramuka Peduli, Bupati berharap agar Satgas tersebut menjadi Pelopor dan Pekerja Bakti terdepan dalam kegiatan kepedulian sosial, seperti pembinaan anak jalanan, pemberantasan buta aksara latin dan Al-Qur'an, kepedulian terhadap PAUD, Magrib Mengaji, Kaum Dhuafa dan Fakir Miskin serta upaya pencegahan Narkoba/NAPZA, HIV/AIDS. 

"Sejalan dengan itu, Satgas Pramuka Peduli berperan aktif bersama - sama Masyarakat dan Pemerintah Daerah dalam upaya penanggulangan bencana dan pelestarian lingkungan hidup seiring dengan kebutuhan masyarakat. 

Pada kesempatan itu, secara umum, Bupati mengimbau kepada seluruh jajaran Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Indragiri Hilir agar semakin aktif dalam menyelenggarakan pendidikan kepramukaan dan kegiatan aksi Pramuka Peduli secara terencana dan berkesinambungan sehingga kepercayaan dan dukungan yang besar yang selalu di berikan oleh masyarakat dan Pemerintah dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik - baiknya serta penuh tanggung jawab.

"Selanjutnya, Saya mengajak seluruh jajaran Gerakan Pramuka di daerah ini, mari kita bersama-sama dengan komponen bangsa lainnya, agar senantiasa memelihara dan menciptakan suasana kehidupan yang kondusif, harmonis dan dinamis, sehingga proses kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di daerah ini dapat berjalan dengan aman dan lancar," tandas Bupati.
(Adv/Alv)
Home