Home
 
 
 
 
Walikota se Sumatera Kagumi Perkembangan Kota Pekanbaru

Selasa, 06/02/2018 - 14:20:55 WIB
PEKANBARU - Perkembangan kota Pekanbaru yang begitu pesat akhir-akhir ini membuat walikoya sesumatera kagum. Hal ini terungkap pada Muskomwil I Apeksi 2018 dikota Pekanbaru.

Kota Pekanbaru yang menjadi tuan rumah dikunjungi oleh  24 walikota.Acara yang berlangsung hingga tanggal 3 Februari 2018 tersebut. Selama itu, para walikota ini dibuat terkagum-kagum akan program, visi, misi serta hasil yang walikota Pekanbaru . Prestasi demi prestasi yang diraih kota Pekanbaru selama ini menjadi bukti dari kerja nyata.

Disisi  lain pesatnya pembangunan Kota Pekanbaru menjadi study banding kepada  kepala daerah lainnya yang hadir. Dalam kesempatannya, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT memaparkan seperti apa Smart City Madani, yang selama ini menjadi visi dan misi Pemerintah Kota, dihadapan para Walikota yang hadir dalam acara tersebut.



Smart City dirasa penting seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat seperti sekarang ini. Hal itulah yang terus digaungkan Pemko Pekanbaru, dengan enam pilar di dalam progam tersebut. Keenam pilar itu lah yang terus menyokong dalam segala aspek, membuat Kota Pekanbaru semakin pesat.

Enam pilar ini diantaranya Smart people (Masyarakat pintar), Smart govermance (Tata kelola pemerintahan pintar), Smart economy (Ekonomi pintar), Smart environment (Lingkungan pintar), Smart living (Kehidupan yang pintar) dan Smart Mobility (mobilitas yang pintar).

Dihadapan tamu yang hadir, Firdaus meyakinkan, bahwa Pilar ini menjadi komponen yang selaras untuk 'mendongkrak' Kota Pekanbaru semakin maju dalam berbagai aspek, termasuk diantaranya pembangunan. Dalam kesempatannya, Ia juga memaparkan aplikasi berbasis online milik Pemko Pekanbaru.
Foto Sefianus Zai.


Aplikasi berbasis online tersebut tentunya bertujuan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, agar lebih cepat, tepat, akurat dan tuntas. "Demi percepatan untuk menjadikan Pekanbaru menuju kota cerdas, kami membuat Smart Card (Kartu pintar)," terang Firdaus. Kegunaannya multi fungsi, bisa dipakai sebagai ATM, prabayar, ATM, identitas dan lainnya.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharulla yang juga Ketua Komwil I APEKSI periode 2015-2018 mengakui perkembangan pesat Kota Pekanbaru. Dirinya juga mengapresiasi kehadiran seluruh anggota dalam Muskomwil yang bertempat di Pekanbaru. Besarnya antusias para anggota APEKSI yang hadir menunjukkan telah terjadi koordinasi yang baik.

"Ramainya kehadiran anggota APEKSI tak terlepas dari daya tarik Kota Pekanbaru. Kehadiran 24 walikota bersama rombongan di wilayah Sumatera ini lantaran ingin melihat kemajuan Kota Pekanbaru yang kian pesat, sehingga bisa menjadi acuan dalam pengembangan kota di wilayah masing-masing," katanya.

Foto Sefianus Zai.


Sangat tepat rasanya jika Kota Pekanbaru menjadi tuan rumah Muskomwil I Apeksi tahun 2018 ini, sesuai dengan temanya "Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menjaga Keberlanjutan Program Pembangunan Daerah Bidang Kependudukan dan Insfrastruktur" yang dinilai cocok dengan kondisi terkini Kota Pekanbaru.

Bahkan Walikota Pekanbaru Firdaus pun didaulat menjadi Ketua Komwil I APEKSI yang baru menggantikan Mahyedi. Firdaus sendiri terpilih setelah sidang pleno yang dilakukan 24 Walikota dari 5 Provinsi Se-Sumatera dalam perhelatan acara tersebut, bertempat di Hotel Aryaduta.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Apeksi Airin Rahmi Diany yang juga merupakan Walikota Tangerang Selatan, Jumat (2/2/2018) . Sedangkan untuk wakil ketua I dipercayakan kepada Walikota Banda Aceh Aminullah Usman dan Wakil Ketua II dijabat Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias serta Wakil Ketua III diisi Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk.
Foto Sefianus Zai.

Perwakilan dari Kota Pekanbaru juga mendapat keparcayaan dua jabatan lagi yakni posisi Sekretaris dipercayakan kepada Asisten I Azwan, dan Bendahara kepada Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Pekanbaru Alek Kurniawan.

Walikota Pekanbaru Firdaus pun berpesan agar seluruh kota se-komisariat wilayah I bersinergi mengembangkan potensi di daerahnya masing - masing, sehingga terwujud percepatan pengembangan ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.



Airin Rahmi Diany selaku Ketua APEKSI Pusat berharap hal ini dapat bermanfaat bagi anggota dan masyarakat di wilayah masing-masing. Dia pun menghaturkan selamat atas kepengurusan Komwil I APEKSI yang baru dikukuhkan.

"Kami berharap dengan kepengurusan yang baru terkait masalah kependudukan dan infrastruktur bisa teratasi dengan baik. Kita berharap rekomendasi yang dihasilkan akan menjadi suatu kebijakan strategis yang mendorong kemajuan di kawasan Sumatera khususnya di Komisariat Wilayah I," harapnya.
Foto Sefianus Zai.

Ketua Umum Apeksi Airin Rahmi Diany, yang juga merupakan Walikota
Tangerang Selatan, dalam pidatonya menyampaikan, agar APEKSI ini dapat
bermanfaat bagi anggota dan masyarakat di wilayahnya. Dalam waktu dekat
juga akan diadakan Karnas, ada dua hal yang akan diangkat, yakni tentang
kependudukan dan infrastruktur.

"Yang jelas, beberapa program
kegiatan di masing-masing komisariat wilayah sudah dilakukan dan tentu
akan bersinergi dengan program yang ada di tingkat pusat. Sekali lagi
selamat atas terpilihnya Walikota Pekanbaru sebagai Ketua Komwil I
APEKSI pada periode 2018 hingga 2021," katanya.

Airin Rahmi Diany
juga dibuat kagum saat Pemko Pekanbaru memperlihatkan kecanggihan
Pekanbaru Command Center, yang menjadi salah satu lokasi city tour dalam
moment Muskomwil I Apeksi Regional Sumatera tahun 2018. Pada Jumat
(2/2/2018) para peserta meninjau tempat tersebut.
Foto Sefianus Zai.

Dalam tinjauan
ini, Ketua Umum Apeksi Hj Airin Rachmi Diany SH MH yang langsung
memimpin rombongan, didampingi langsung oleh Walikota Pekanbaru Dr H
Firdaus ST MT, menyaksikan kecanggihan teknologi di Pekanbaru Command
Center yang berlokasi di Kantor Diskominfo Kota Pekanbaru Jalan Pepaya.

Dengan
tijauan ini, tampak para peserta Muskomwil I Apeksi Regional Sumatera
tahun 2018 terpesona dan mendapat ilmu tentang kecanggihan pengelolaan
IT di tempat tersebut, karena saat ini hanya ada di Kota Pekanbaru alat
tersebut. Para peserta kemudian mengenal lebih jauh tentang bagaimana
fungsi dan manfaat dari perangkat IT yang ada di Pekanbaru Command
Center.

Pada kesempatan itu, Kepala Diskominfo Statistik dan
Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra ST MT mempersentasikan
atau menjabarkan kepada rombongan tentang fungsi satu persatu dari
aplikasi yang terdapat pada Pekanbaru Command Center tersebut.

"Pekanbaru
Command Center ini sangat banyak manfaatnya, alat ini koneksi dengan
CCTV yang canggih untuk melihat aktifitas kota, sehingga lebih cepat dan
akurat dalam mematau perkembangan kota Pekanbaru," ujar Eka di depan
para rombongan. (Advertorial)


Home