Home
 
 
 
 
Menkumham Yasonna Laoly Terima Kementerian Hukum Jepang

Kamis, 08/03/2018 - 19:27:20 WIB
JAKARTA -  Hubungan Kerja Sama antara Republik Indonesia dan Jepang genap berusia 60 tahun di tahun 2018, untuk merayakannya, Pemerintah Jepang dan Indonesia sepakat untuk mempererat kerja sama antara ke dua negara.

Diharapkan tahun ini Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI dan Kementerian Kehakiman Jepang dapat menandatanganiMemorandum of Cooperation (MoC) di bidang hukum pada tahun 2018.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Kehakiman Jepang Hiromu Kurokawa, saat melakukan Pertemuan Kehormatan dengan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna Hamonangan Laoly.

"Tahun ini masuk ke 60 tahun kerja sama Indonesia-Jepang, kami harap tahun ini dapat menandatangani MoC bidang Hukum antara Kemenkumham RI dan Kementerian Kehakiman Jepang, sekaligus merayakan 60 tahun kerja sama Indonesia-Jepang,"tutur Kurokawa, di Ruang Rapat Menkumham RI, Gedung Ex. Sentra Mulia, Jakarta, Rabu (7/03/2018).

Mendengar hal tersebut, Menkumham RI sepakat untuk melakukan penandatanganan MoC bidang hukum antara Kemenkumham RI dan Kementerian Kehakiman Jepang di tahun 2018. “Saya juga berharap MoC dapat ditandatangani tahun ini, sekaligus merayakan kerja sama 60 tahun RI-Jepang,” tandas Yasonna.

Menkumham RI juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin antara Kemenkumham RI dengan Jepang selama ini, baik bidang Kekayaan Intelektual (KI), maupun legislasi. “Kerja sama ini memberikan masukan yang sangat besar kepada kami. Kami berharap kerja sama ini dapat dipertahankan, dan jika memungkinkan dapat ditingkatkan,” ujar Yasonna.

Terkait KI, Pihak Jepang berharap, Pemerintah Indonesia dapat mengaplikasikan sistem penegakan KI, khususnya untuk menyelesaikan sengketa paten. “Bagaimana membuat sistem yang inklusif, konsisten, yang dapat menyelesaikan pertikaian-pertikaian paten, tidak hanya meningkatkan pelayanan semata,” ucap Kurokawa.

Kerja sama Indonesia dan Jepang telah dilakukan diberbagai bidang, di tahun 2002 Indonesia dan Jepang mulai serius bekerja sama dalam bidang Kehakiman dan Hukum. Terkait Kemenkumham RI, Indonesia dan Jepang telah melakukan kerja sama dalam bidang Kekayaan Intelektual, legislasi. Ke depannya, kerja sama Indonesia-Jepang apat ditingkatkan ke bidang Administrasi Hukum Umum. (Zaka, Lisa)*
Home