Home
 
 
 
 
Sekdaprov dan Sekda se-Riau Gelar Pertemuan Dengan Kemenko Perekonomian RI

Kamis, 29/03/2018 - 15:35:20 WIB
JAKARTA - Keseriusan ditunjukkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam upaya melakukan percepatan pembangunan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB). Dalam upaya ini, Senin (26/3) kemarin, pertemuan dilakukan dengan Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian RI agar segala infrastruktur standar nasional yang diperlukan terwujud.

Rombongan Pemprov Riau dalam pertemuan dengan Deputi Perekonomian Bidang Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian Elen Septiadi kemarin dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau H Ahmad Hijazi. Turut pula hadir mendampinginya kepala Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) terkait dan sekretaris daerah dari 12 kabupaten dan kota yang ada di Riau.

Sekdaprov memaparkan, pertemuan yang dilakukan membahas pengembangan KITB. Langkah ini sebutnya merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi Riau."Ini dalam rangka percepatan pembangunan kawasan Industri dan Pelabuhan Tanjung Buton (KITB), yang bakal menjadi kawasan pusat pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Riau," urai Hijazi.

Lebih lanjut dituturkannya, KITB strategis untuk dikembangkan karena  Jaraknya yang dekat dan berbatasan langsung  perairan internasional Selat Malaka.''Kunjungan kita ke Kemeterian Koordinator bidang Perekonomian bertujuan untuk meyakinkan pemerintah pusat agar mempercepat pembangunan kawasan ini,'' tegasnya.
 
Dia meyakini, jika pengembangan KITB terwujud, Riau akan memiliki kendali untuk melakukan pengelolaan produk komoditas primer lebih stabil lagi. "Jika ini terwujud, maka komoditas primer kita tidak lagi fluktuatif, sehingga kita bisa mengelola hilirnya dan kemudian harga produk pertanian akan lebih stabil," imbuhnya.

Keberadaan KITB juga sangat mendukung percepatan ekonomi di Provinsi Riau. Karena itu pemerintah  daerah harus berani menjemput bola dan memperjuangkan di tingkat pusat.

"Pemerintah Provinsi Riau  akan terus melakukan lobi ke pemerintah pusat agar KITB dengan segala infrastruktur segera terwujud. Karena, KITB yang berada di pesisir pantai Provinsi Riau sudah memenuhi standar nasional untuk pengembangan kawasan industri," jelasnya.

Dalam pertemuan kemarin, dibahas pul dana perimbangan bagi daerah. Sekdaprov menguraikan, pertemuan adalah sebagai bentuk perjuangan bersama Pemprov Riau dan kabupaten serta kota yang ada. "Bagaimana kita menggesa pembangunan di Provinsi Riau.  Dalam pertemuan ini dibahas bagaimana percepatan pengembangan ekonomi di Provinsi Riau. Dibahas strategi dalam merebut dana pusat. Dalam diskusi ini berkembang perlu dibangun KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) di Provinsi Riau. Kelebihan KEK dapat menarik investasi, karena fasilitas KEK akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara integrasi. Perlu kreativitas dalam mendorong pertumbuhan ekonomi," ujarnya panjang lebar.

Sementara itu, Deputi Perekonomian Bidang Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian Elen Septiadi terkait pembahasan menyampaikan penegasan akan menyikapi apa yang menjadi permintaan Pemprov Riau.

"Kami akan membantu bagaimana pembangunan di Riau bisa berkembang. Terutama mendorong pembangunan kawasan industri menjadi pendukung perkembangan dan pertumbuhan ekonomi daerah," ucapnya.(Rls)
Home