Home
 
 
 
 
Fasilitas Tranportasi Umum Tak Ada, Peminat Hunian RUSUNAWA Rejosari Kurang

Kamis, 30/08/2018 - 12:25:27 WIB
PEKANBARU - Bangunan tiga blok di Rumah Susun Sederhana Sewa (RUSUNAWA) Rejosari Kelurahan Bambu Kuning Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru baru yang pembangunannya sejak Tahun 2011-2012 baru efektik penggunaan hunian bulan Januari 2018.

Menurut penjelasan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan kawasan Pemukiman Kota Pekanbaru Yuliasman melalui Plh UPT RUSUSAWA Kota Pekanbaru mengatakan," Efektif Penggunannya bulan Januari 2018, dan sekarang sudah 108 kepala Keluarga yang telan menempatinya," terang Raja Muhamad Isa.

Isa menuturkan, terlambatnya peminat hunian Rusunawa Rejosari ini salahsatunya adalah sistim transportasi kota belum masuk kearea RUSUNAWA.

"Kita berharap kepada Pemko Pekanbaru dapat memperhatikan serta menfasilitasi tranportasi umum ke wilayah RUSUSNAWA agar peminat lebih tertarik dengan lengkpanya fasilitas," Jelas Isa.

Lebih jauh dijelaskan, dari tiga gedung yang terdiri dari 288 ruang hunian, setiap gedungnya berjumlah 96 ruangan. Setiap gedung disetiap besmen atau lantai dasar terdiri dari : ruang bisnis 5 ruangan, aula 1 ruangan, unit hunian khusus bagi penyandang cacat 2 ruangan. dengan fasilitas 1 (satu) kamar tidur, dapur, kamar mandi + WC, tempat jemuran, tempat parkir, dan fasilitas umum (parkir kendaraan roda dua dan musholla) dan taman bermain anak-anak.

Menurut penjelasan Isa, fariasi harga sewa berdasarkan Perwako No. 160 Tahun 2015 rusunawa 1 unit per satu bulan, terdiri dari :
lantai 1 Rp.275.000
lantai 2 Rp.250.000
lantai 3 Rp.200.000
lantai 4 Rp.175.000.

Adapun beberapa syarat bagi calon penghuni yang berminat untuk menghuni di Rusunawa Rejosari agar melengkapi persyaratan sebagai berikut:
1. Foto copy KTP suami/ istri
2. foto copy kartu keluarga
3. pas foto berwarna (4 x 6) 2 lembar
4. foto copy surat nikah
5. surat keterangan berpenghasilan rendah
6. surat keterangan belum memiliki rumah tempat tinggal dari lurah setempat
7. SKCK

Menurut Isa, tenaga sekurity untuk saat ini sudag ada tiga orang, Cleneng sevirce (CS) juga sudah ada tiga orang. " Bila ruang hunian telah terhuni secara keseluruhan maka sekurity dan teanga CS perlu penambahan.

"Untuk kebersihan sampah sudah ditangani oleh dinas oleh dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru," ujarnya isa.

Isa juga mengatakan akhir bulan Agustus 2018 99 KK yang telah menghuni dari bulan Januari 2018 masih belum dikenakan sewa, " Gratis saja penghuninya masih kurang peminat apalagi ditagih, dalam tahun ini pemungutan sewa," jelas isa.  (Zai).
Home