Home
 
 
 
 
Wakil Bupati Hadir Dirgahayu Kecamatan Bagan Sinembah Raya Yang Ke-4 Tahun 2018

Selasa, 20/11/2018 - 10:31:37 WIB


TERKAIT:
   
 
ROHIL - Dirgahayu Bagan Sinembah Raya,yang dilaksanakan di Kantor Camat Bagan Sinembah Raya.pada hari Minggu 18!11!2018.

Acara tersebut dihadiri,wakil Bupati Rokan Hili,H Jamiluddin,Camat Simpang Kanan Azhari,Sekcam Bagan Sinembah H Darsono.Datuk Penghulu se Bagan Sinembah Raya,siswa/siswi Se Kecamatan Bagan Sinembah Raya,serta tokoh Masyarakat.

Pembacaan sejarah Bagan Sinembah Raya bapak,tuan Khalifah H Zulfikar,S.Ag selaku tokoh masyarakat.
Asal muasal Bagan Sinembah berasal dari kata Bagan Jasinombah,yang berarti pondok atau tempat persinggahan.
Jasinombah sendiri merupakan tempat persinggahan, yang letaknya dibelakang persulukan Tarikat Naksabandiya yang ada di bagan Sinembah.

Pada kurun waktu abad ke 19 tahun 1890,daerah tersebut bernama Kepenghuluan Hulu Kubu dan Penghulu nya Bernama Gundah,yang merupakan wilayah Kecamatan Kubu.Setelah Penghulu Gundah meninggal,beliau digantikan oleh adiknya M.Yusuf Nasution.

Pada tahun 1938 M Yusuf Nasution yang didampingi Hasan TR( Tengku Rajo) orang tua dari  H,Abdul Azis Hasibuan.(mantan Penghulu Balam Sempurna).namun pada tahun 1944(pada jaman Jepang),Penghulu M,Yusuf Nasution meninggal dan kepemimpinan dilanjutkan Hasan TR sampai 1948.pada tahun tersebut diadakan pemilihan kepala desa,dan yang terpilih adalah Penghulu Tongah,anak dari almarhum Penghulu Gundah yang pertama.namun pada tahun 1949,Penghulu Tongah meninggal dunia dan dilanjutkan dengan Penghulu Abdul Kasim.

Pada tahun 1950 dilaksanakan musawarah Masyarakat bersama, Masyarakat Bagan Sinembah Berdaulat. Wan Muhammad Noor menjadi kepala Desa.kemudian tahun 1953 Penghulu Muhammad Noor menyerahkan jabatan Kepala Desanya kepada masyarakat,untuk memilih kembali Kepala Desa karena beliau pindah ke Tanjung Balai Asahan.

Wakil Bupati Rokan hilir dalam pidatonya menyampaikan,"bahwasanya beliau akan berangkat ke Pemerintahan Pusat untuk memperjuangkan agar Register Kecamatan Bagan Sinembah Raya cepat terlaksanakan.disamping itu juga beliau juga meminta doa kepada masyarakat Bagan Sinembah Raya,agar perjalanannya mendapat ridho dari Allah.(Alpian).
Home