Home
 
 
 
 
Tencent Cloud Janjikan Horizon Baru bagi Kalangan Pengembang Game 2019

Sabtu, 23/03/2019 - 09:18:29 WIB
SAN FRANCISCO - Tencent Cloud memamerkan serangkaian solusi cloud terkemuka di ajang 2019 Game Developers Conference (GDC) dari 20-22 Maret di San Francisco. Perusahaan berspesialisasi dalam mendukung kinerja mutakhir, sarat fitur bagi multiplayer gaming yang melintasi negara dan bersifat real-time, baik untuk sejumlah games yang dikembangkan Tencent serta beberapa judul game dan pengembang terkenal lainnya.

Ekosistem cloud Tencent membantu games dalam seluruh daur hidupnya secara utuh. Selain menyajikan infrastruktur cloud yang teruji dan solusi gaming yang mapan, seperti Global Application Acceleration Platform (GAAP) dari Tencent Cloud, serta Game Multimedia Engine (GME) yang memfasilitasi pengembangan dan operasional game mutakhir, gabungan sumber daya cloud, gaming serta kanal Tencent menawarkan sejumlah keuntungan istimewa bagi distribusi dan operasional game, mengatasi sejumlah kendala yang dihadapi para pengembang game di seluruh dunia agar meraih sukses di pasar Tiongkok.

Infrastruktur cloud global kelas dunia

Tencent Cloud adalah penyedia jasa cloud yang terkemuka di dunia, merupakan pihak pertama di Tiongkok dengan sertifikasi dari Cloud Infrastructure Services Providers in Europe (CISPE). Infrastruktur globalnya menjangkau 25 wilayah dan menjalankan 53 zona ketersediaan di dunia dengan interkoneksi berkecepatan tinggi. Dengan bandwidth 5T dan Tencent Anti-DDoS, kalangan gamers mendapat jaminan akan pengalaman gaming yang bermutu tinggi, stabil dan aman.

Kinerja mutakhir dengan GAAP

Bagi skenario penggunaan multiplayer gaming yang melintasi negara dan berskala luas, GAAP dari Tencent Cloud menjamin pengalaman gaming yang lancar dan adil, dengan memakai acceleration tunnels agar mengurangi latensi antara wilayah-wilayah utama. GAAP telah berkontribusi terhadap keberhasilan beragam game global yang laku keras, dengan memberikan peluang bagi gamers dari beragam negara dan wilayah sehingga mereka bisa saling bersaing secara real time, menjadikan pasar-pasar regional baru dapat terjangkau oleh kalangan pengembang game.

Clash Royale dari Supercell langsung menjadi game yang laris-manis di pasar Tiongkok ketika dirilis pada Maret 2016. Solusi GAAP menekan latensi hingga di bawah 150 ms bagi para pemain game di Tiongkok ketika mengakses games yang dijalankan dari Amerika Serikat, menurunkan tingkat eror di wilayah tersebut hingga setara dengan lingkungan jaringan lokal di Amerika Serikat. Dengan demikian, jutaan pemain game aktif bisa memperoleh pengalaman gaming yang lancar, adil, serupa dengan rekan-rekannya di Amerika Serikat. Menurut Newzoo, 21,5% pendapatan total dari game ini di iOS datang dari Tiongkok, sumber pendapatan terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

Untuk PUBG Mobile, secara berbarengan diluncurkan oleh Tencent dan PUBG Corp, GAAP meningkatkan koneksi lintaswilayah, dan mengatasi kendala jaringan, termasuk latensi dan ketidakstabilan, menjamin koneksi konkuren global. PUBG Mobile merajai tabel mobile game di 105 negara dan wilayah dalam tempo satu minggu setelah peluncuran global versi betanya. PUBG Mobile meraih gelar Mobile Game of the Year dalam ajang 2018 Joystick Awards dan saat ini mencatatkan lebih dari 200 juta unduhan.

King of Glory buatan Tencent, game gratis dengan pendapatan terbesar kedua di dunia pada 2018, membukukan pendapatan sebesar US$2,1 miliar, menggunakan GAAP supaya mereka bisa melayani para penggunanya dari luar Tiongkok dengan lebih baik lagi, dan menghasilkan penurunan sebesar 30% dalam tingkat kerugian paket di beberapa wilayah.

King of Avalon dari Funplus merupakan game terkenal lainnya yang memakai solusi GAAP demi menjamin pengalaman terbaik bagi para pemain global.

Gameplay yang kaya fitur dengan GME

GME dari Tencent Cloud menyajikan berbagai fitur seperti in-game voice chat, pesan suara (voice messaging), konversi suara-ke-teks (voice-to-text) dan berbagai fitur seperti 3D positional voice chat. Mengandalkan teknologi head-related transfer function (HRTF) mutakhir, pengolahan spasial dan kompensasi EQ untuk jarak, 3D positional voice virtualizes players' voices lalu mengubahnya menjadi suara 3D, berarti para pemain mendengarkan suara masing-masing, seakan-akan suara tersebut berasal dari posisi relatif mereka di game. Fitur-fitur ini menyajikan pengalaman yang lebih menarik dan realistis, serta menjadi elemen gameplay krusial dalam cooperative multiplayer games, seperti King of Glory dan versi internasional dari Arena of Valor yang juga memanfaatkan layanan game voice dari Tencent.

GME mendukung seluruh game engines arus utama, termasuk Unreal and Unity. Untuk game engines yang dikembangkan sendiri, GME juga bisa ditawarkan sebagai SDK inti dengan APIs tunggal dan sejumlah rangkaian fitur. Integrasi berlangsung cepat dan sederhana, biasanya hanya memerlukan waktu selama beberapa jam. GME memiliki layanan komunikasi suara dengan skala yang dapat diperluas, kualitas tinggi dan efisiensi biaya yang membantu kalangan gamers saling-terhubung secara lebih efektif di seluruh dunia. (PRN).
Home