Home
 
 
 
 
PSI Turut Berdukacita Atas Pembunuhan Pendeta Melinda Zidomi

Kamis, 28/03/2019 - 21:29:59 WIB

MALANG - Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia menyampaikan duka cita mendalam terkait kabar terbunuhnya Pendeta Melinda Zidemi, yang sedang melakukan pelayanan di Kabupaten OKI. Dikabarkan sebelumnya Pendeta Melinda juga mengalami kekerasan seksual dan menjadi korban dari kebencian terhadap perempuan dari para pelaku.

Terkait hal tersebut DPP PSI menyampaikan sikap sebagai berikut:

1. Mengucapkan duka mendalam terhadap keluarga korban dan pada Gereja yang mengutus Pendeta Melinda yaitu Gereja Kristen Injil Indonesia (GKII) Sungai Baung, OKI. Kami berbagi rasa duka untuk kehilangan salah seorang calon gembala terbaik yang dimiliki jemaat Gereja.

2. Kami menilai tindakan biadab para pelaku ini adalah bukti masih kuatnya cara berpikir yang membenci perempuan (misogyni), yang melihat perempuan sebagai yang lain (the others), khususnya perempuan yang berasal dari ras dan etnis, agama, serta kelas sosial yang berbeda dari dari dirinya.

3. Kekerasan seksual harus dilihat bukan sekadar kejahatan terhadap etika tetapi ia adalah kejahatan terhadap kemanusiaan, yang perlu ditangani secara khusus dengan prosedur yang khusus, serta berperspektif perlindungan terhadap perempuan yang berasal dari komunitas yang khusus seperti Pendeta Melinda.

4. Kasus ini memperkuat alasan untuk pentingnya segera disahkannya RUU PKS (Perlindungan Kekerasan Seksual), yang bertujuan untuk melindungi perempuan dari kekerasan seksual, serta mengisi kekurangan UU pidana yang ada sekarang tidak cukup sensitif dengan kasus seperti ini.

5. Mendesak aparat Kepolisian mengusut kasus ini setuntas mungkin, serta menjamin perlindungan bagi warga negara khususnya perempuan, dan PSI akan memantau penanganan kasus ini secara seksama hingga tuntas.

6. Mengajak masyarakat untuk ikut memperhatikan dan mengawal kasus ini secara mendalam, dan memastikan ditegakkannya hukum secara adil bagi keluarga korban dan komunitasnya.

Malang, 27 Maret 2019

Juru Bicara
PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA

Surya Tjandra


( Rilis)***
Home