Deklarasi kita Indonesia dan seminar nasional dengan tema, “Peran Milenial Dalam Meyukseskan Pemilu yang Jujur dan Damai”.,"> Deklarasi kita Indonesia dan seminar nasional dengan tema, “Peran Milenial Dalam Meyukseskan Pemilu yang Jujur dan Damai" />
Home
 
 
 
 
PMKRI Cabang Pematangsiantar Adakan Seminar Nasional & Deklrasi Kita Indonesia

Sabtu, 13/04/2019 - 21:23:39 WIB
PEMATANGSIANTAR- Deklarasi kita Indonesia dan seminar nasional dengan tema, “Peran Milenial Dalam Meyukseskan Pemilu yang Jujur dan Damai”., adalah sebuah kegiatan yang diprakarasi oleh pengurus pusat PMKRI Santcus Thomas Aquinas  bekerja sama dengan beberepa cabang yang ada di Indonesia. Dalam kesempatan kali ini PMKRI Pematangsiantar dipercayakan menjadi tuan rumah kita Indonesia dan Seminar Nasional yang diselenggarakan di Aula Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar.  Pada tanggal 13 April 2019.

Kegiatan ini diawali dengan upacara nasioanal dilanjutkan dengan kata sambutan dari beberapa pihak terkait, Edis Galingging selaku ketua panitia dalam kata sambutannya mengatakan,”dengan terselenggaranya acara deklarasi kita Indonesia dan seminar nasional kita sebagai kaum muda dan juga mahasiswa agar turut serta berpartisipasi dalam menciptakan pemilu yang jujur dan damai dan juga melalui kegiatan ini diharapkan kita dapat menjaga kebhinekaan Indonesia, keutuhan dan persatuan Indonesia”.

Alboin Cristoveri Samosir selaku Ketua Presidium PMKRI Cabang Pematangsiantar Santo Fransiskus dari Assisi, mengatakan,” melalui kegiatan ini kita terutama kaum muda dan juga mahasiswa senantiasa peka terhadap kondisi sosial politik bangsa saat ini. Maraknya fragmentasi sosial yang terjadi di masyarakat harus menjadi PR kita bersama. Tahun politik yang kita alami kini jangan sampai merusak dan memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa, kita selaku kaum muda harus senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat,  mampu mengedukasi masyarakat terkait dengan menciptakan situasi yang adil, damai, dan jujur terutama saat tahun politik seperti ini”.

Dalam Seminar Nasional, dihadiri oleh pembicara terkait yakni. Prof Dr Sanggam Siahaan selaku Rektor Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar mewakili Akademisi, Ketua KPU Pematangsiantar, Daniel Dolok Sibarani, Bapak Resbon Gultom mewakili Kapolres Pematangsiantar, dan Thomson Sabungan Silalahi, Sekretaris Jendral Pengurus Pusat PMKRI Santcus Thomas Aquinas. 

Tomson Sabungan Silalahi selaku pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan,” kita selaku kaum milenial dalam menentukan pilihan harus mengajukan beberapa pertanyaan yakni, aksi apa yang akan dilakukan oleh calon tersebut terkait dengan perang nuklir, perubahan iklim, disrupsi teknolog, dan apa visi besarnya terkait Indonesia di 2040. Pertanyaan tersebut bukanlah tanpa alasan mengingat kita begitu dekat dengan era perubahan tersebut terlebih kita sedang mengadapi Revolusi Industri 4.0. karena visi misi besar tidak hanya tentang Indonesia kini tetapi bagaimana Indonesia di masa yang akan datang. Dan yang terpenting jangan memilih paslon yang menempel baliho, poster atau spanduknya di pohon karena berpotensi untuk merusak lingkungan. 

Antusiasme peserta cukup tinggi dalam kegiatan tersebut terbukti dari aktifnya peserta berdiskusi dengan para narasumber terkait dengan peran-peran milenial dalam menciptakan pemilu yang jujur dan damai. Begitu juga dengan jumlah peserta yang hadir yang mencapai jumlah 600 orang.  

Kegiatan ini ditutup dengan pertunjukan seni dan budaya yang dibawakan oleh tim tari dari  Unit Kegiatan Mahasiswa Nomensen n dan juga sanggar seni dari Universitas Simalungun.  (Rls/Alvin)
Home