Home
 
 
 
 
Ratusan Peserta Pelatihan BLK Lubuksikaping Antusias Ikuti Pembukaan Gelombang Ke - II 2019

Jumat, 03/05/2019 - 23:43:33 WIB
Pasaman -- Zonariau.com
Dengan Antusias, ratusan peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Program Kementrian Ketenagakerjaan RI melalui BLKP Padang di BLK Lubuksikaping ikuti kegiatan Pembukaan Pelatihan gelombang ke-II tahun 2019, bertempat di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuksikaping, Jum'at (03/05/19) kemaren.

Hadir dalam kegiatan pembukaan pelatihan itu Bupati Pasaman yang diwakili Asisten II Drs. M.N. Susilo, MM, sekaligus membuka dengan resmi kegiatan dimaksud, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (Perindagnaker) Kab. Pasaman, Edison, S.Pd, Kepala Bidang Tenaga Kerja M. Oyong Yasrin, Kepala UPT BLK Haryadi, serta para undangan dari OPD dan peserta pelatihan sebanyak 192 orang.

Pelatihan gelombang ke-II ini terbilang anyar dan diikuti oleh hampir 200 peserta untuk 11 kejuruan pelatihan. Berbeda dengan sebelumnya hanya di ikuti oleh beberapa orang para peserta saja. Kegiatan pelatihan kali ini benar benar antusias, rata-rata di ikuti oleh lulusan SLTA/SMK.

Kepala UPT BLK Haryadi, dalam laporannya mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi institusional tahap II tahun 2019 diarahkan pada bidang Kejuruan; Pemasangan listrik bangunan sederhana, Menjahit pakai sesuai style, Service sepeda motor injeksi, Mengerjakan kontruksi, Practical office, Pembuat roti dan kue, Penata rambut, Tour leader, Teknisi audio video, Pemasangan jaringan komputer, Pelayanan pelanggan dan lamanya waktu pelatihan untuk jam pembelajaran berbeda-beda untuk tiap-tiap kejuruan.

Haryadi menjelaskan, kurang lebih selama sebulan peserta masing-masing kejuruan ini akan dilatih oleh para pembina mental dari TNI & Polri serta para instruktur sesuai kejuruan masing-masing. "Ya, selama kurang lebih sebulan kedepan peserta pelatihan ini akan kita bekali keterampilan dan keahlian". Ujar Haryadi.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (Perdaginnaker) Kab. Pasaman dengan pelatihan ini, diharapkan para siswa BLK nantinya akan diberikan pemahaman tentang keterampilan sesuai kejuruan masing-masing oleh instruktur dan pada akhirnya nanti, di ujung pelaksanaan pelatihan setiap peserta pelatihan akan dilakukan uji kompetensi (UJK).

"Jika yang bersangkutan lulus dalam proses UJK yang di uji oleh Tim Assesor dari BLKP Padang dan Kementerian, maka yang bersangkutan akan diberikan sertifikat UJK yang dikeluarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang cakupannya Nasional dan Internasional". Ujar Edison.

Edison juga menyampaikan bahwa lulusan UPT BLK ini Pasca Pelatihan akan mengantongi sertifikat pelatihan, namun jika ingin kompeten maka peserta harus melewati UJK dan jika lulus akan memperoleh ‚ÄúSertifikat Kompetensi‚ÄĚ, yang dapat menjadi modal untuk mencari kerja.

Sehingga terjadi link and match antara supply dan demand tenaga kerja, antara lulusan SMA/SMK maupun alumni BLK ini kemudian match dengan dunia industri,‚ÄĚ ungkapnya.

Sejalan dengan Pemerintah Pusat dan Program Nasional Peningkatan Sumberdaya Manusia, Pemerintah Kabupaten Pasaman ambil bagian sedang  menyiapkan SDM yang unggul, kompetitif, berbudaya, dan bertanggungjawab untuk mengisi lapangan pekerjaan dimasa mendatang.

Terkait dengan ini, Pasaman telah bekerjasama dengan PT. Danca Hureco dan PT. Philips Batam untuk penyaluran tenaga kerja. Pada sisi lain ditingkat lokalpun demikian, melalui pelatihan dihatapkan para peserta dapat membuka usaha mandiri dengan skill yang dimilki serta khususnya dapat memgisi peluang bekerja di Kabupaten Pasaman.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten II Drs. M.N. Susilo, MM, pada Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan II di UPT. BLK Dinas Predaginnaker Kabupaten Pasaman. ‚ÄúKompetisi di dunia kerja saat ini semakin ketat sehingga membutuhkan SDM yang memiliki keahlian dan keterampilan guna menyongsong era globalisasi,‚ÄĚ jelasnya.

Melalui pelatihan di UPT BLK ini, merupakan salah satu upaya untuk menekan angka pengangguran.
"BLK dapat melahirkan tenaga-tenaga yang handal, terampil, profesional dan siap memasuki pasar kerja, maupun membuat usaha secara mandiri". harapnya.

Usai pidato pembukaan oleh Asisten II, acara dilanjutkan dengan penyerahan ATK Pelatihan, Pakaian Kerja Peserta, dan Safety Shoes bagi beberapa kejuruan yang membutuhkan yakni, Sepeda Motor, Kontruksi Bangunan dan Pemasangan Listrik Bangunan Sederhana. Setelah itu acara dilanjutkan dengan acara penutup dan do'a bersama.( Ck)
Home