Home
 
 
 
 
Program Pelalawan Cerdas, ‎Benahi Sarana Pendidikan di APBD Perubahan

Rabu, 10/07/2019 - 15:38:31 WIB
 PELALAWAN - Meski ditengah keterbatasan anggaran keuangan daerah, Pemkab Pelalawan setiap tahunnya konsisten dengan besaran anggaran untuk dunia pendidikan. Bahkan melebihi dari yang sudah diamanahi konstitusi.

Ini juga komitmen Bupati Pelalawan HM. Harris untuk dunia Pendidikan di negeri Seiya Sekata ini. Komitmen tersebut dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Pelalawan. Dimana Program Pelalawan Cerdas, yang merupakan bagian tujuh program Strategis Pemkab Pelalawan, tetap dipertahankan diperiode kedua Bupati Harris ini.
Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang berdiri dan luar ruangan
Tahun 2018 ini, Bupati Pelalawan HM. Harris sudah menyampaikan komitmennya, untuk tetap meningkatkan sarana prasarana dunia Pendidikan Pelalawan. Sekali lagi, Pemkab Pelalawan menunjukan bukti komitmennya, mesti ditengah keterbatasan anggaran keuangan daerah.
 
"3 sektor prioritas kita di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2018 ini, adalah pembenahan kota Pangkalan Kerinci, Draenase danJalan kemudian sarana Pendidikan," papar Bupati Pelalawan HM. Harris, belum lama ini.
 
Sarana pendidikan yang dimaksud kata Bupati Harris, adalah ruang belajar dan mobilier. Sementara untuk bangunan penunjang sekolah, misal, paving blok, pagar,‎ dan lainnya ditiadakan.

"Yang pokoknya saja dulu, seperti ruang kelas baru, atau rehab ruang belar jika sudah rusaknya parah, dan mobilier sekolah," imbuhnya.

Bupati Pelalawan dua periode ini, juga mewanti-wanti agar ‎pihak terkait, yakni Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan mempunyai data siswa pada saat dilakukannya penerimaan peserta didik baru (PPDB).

"Minimal asumsi, berapa kira-kira nanti yang akan mendaftar, sehingga bisa kita perkirakan ruang belajarnya cukup atau tidak untuk menampung siswa baru," papar Harris kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Bupati Harris juga mengakui, terjadi sedikit masalah pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMP dan SMA di Kecamatan Pangkalan Kerinci dan Pangkalan Kuras.

"Karenanya penambahan ruang belajar baru akan kita lakukan pada ABPD Perubahan ini. Terutama untuk SMP di Pangkalan Kerinci, Sorek dan lainnya," tambah Harris.

Fokus Pemkab Pelalawan dalam menambah dan memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan di Pelalawan tidak akan berhenti setelah APBD Perubahan tahun 2018 ini saja. Tahun-tahun kedepan, hal ini tetap akan menjadi prioritas Pemkab Pelalawan.

"Pelalawan Cerdas itu sudah menjadi RPJMD kita. Dan setiap tahunnya, kita akan terus perhatikan dunia pendidikan kita," ungkap Bupati dua periode ini.

Keberhasilan program Pelalawan Cerdas dengan pendidikan gratis yang sudah berjalan lebih dari 6 tahun ini, merupakan komitmen Bupati Pelalawan HM. Harris dalam meningkatkan indeks pendidikan manusia (IPM) Kabupaten Pelalawan.

Jadi kata Harris, bukan karena fokus pada pendidikan gratsi, sehingga fisik bangunan sekolah tidak mencukupi. Tapi memang karena tinggi pertumbuhan siswa setiap tahunnya. Terutama diwilayah operasional perusahaan.

Persoalannya, pertumbuhan jumlah siswa di perusahaan tidak lah bisa diperkirakan. Karena bisa saja, adanya penambahan karyawan, yang membawa serta keluarganya tinggal di perusahaan tersebut.
 
"Iya seperti itu. Tapi mereka kan juga warga kita, wajib kita terima. Makanya kita akan tambah ruang belajarnya,"pungkas Harris.
 Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan orang berdiri
‎Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan Saparudin juga mengatakan, pihaknya akan siap menjalankan amanah Bupati Pelalawan, untuk perbaikan sarana pendidikan di Pelalawan. Disdik katanya, akan mengupayakan program-program tersebut bisa terlaksana meski dengan waktu yang relatif singkat.
 
"Insya Allah bisa kita laksanakan, fisiknya. Baik dengan penunjukan langsung, maupun dengan lelang," kata Saparudin.
 
Mantan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pelalawan ini mengakui beberapa sekolah mengalami masalah kekurang ruang belajar saat PPDB, terutama untuk tingkat SMP.
 
"Untuk SD ada juga beberap sekolah, tapi yang agak rentan itu SMP di Kecamatan Pangkalan Kerinci dan Kecamatan Pangkalan Kuras," ungkapnya.
 
Terhadap sekolah-sekolah yang butuh perhatian segera ini, sudah disampaikan untuk dimasukan dalam anggaran di APBD Perubahan ini. Saat ini, pembahasan KUA PPAS APBD Perubahan Kabupaten Pelalawan sedang berlangsung di DPRD Pelalawan.***
               

  
















Home