Home
 
 
 
 
BNPB Bantu Siaga Darurat Kebakaran di Riau

Senin, 23/02/2015 - 09:11:53 WIB
ZONA RIAU.COM-PEKANBARU-Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan siap membantu Pemprov Riau dalam status "Siaga Darurat" kebakaran lahan dan hutan dengan dukungan personel dan peralatan untuk mencegah kebakaran meluas di daerah tersebut seperti tahun sebelumnya.

"Kepala BNPB Syamsul Maarif telah menindaklanjuti permintaan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut dengan mengintruksikan kepada jajaran BNPB untuk mempersiapkan semua kebutuhan," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, kepada wartawan baru-baru ini.

Dia menjelaskan, BNPB akan memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan hujan buatan dalam waktu dekat. Kedua, dukungan bagi masyarakat untuk pembuatan 1.000 unit sekat kanal rawa gambut di daerah-daerah sangat rawan kebakaran hutan dan lahan.

"Ketiga, dukungan pesawat helikopter patroli, monitoring dan water bombing selama tiga bulan. Dan keempat, dukungan personel BNPB untuk posko di pusat dan daerah," parparnya.

Lebih lanjut disampaikannya sesuai arahan Presiden Joko Widodo kepada Menteri LH dan Kehutanan (LHK) pada November 2014 dan Januari 2015, lanjutnya, maka BNPB akan melakukan melengkapi kekurangan (filling the gaps) sesuai permintaan dan kebutuhan dari Kemen LHK. BNPB akan mengoordinasikan kementerian/lembaga untuk memberikan pendampingan kepada BPBD di daerah.(NIn)
Home