Home
 
 
 
 
Vonis 1 Tahun Toro Laia, Advocat Fauzan SH, MH Minta JPU Laksanakan Semua Amar Putusan Hakim

Selasa, 23/07/2019 - 18:44:50 WIB
PEKANBARU - Vonis 1 Tahun Penjara terhadap Torozidhuhu Laia, Pemimpin Redaksi Harian Berantas, oleh Pengadilan Negeri Pekanbaru, memang sudah berkuatan hukum tetap, menyusul terbitnya Putusan Pengadilan Tinggi Pekanbaru, yang “menguatkan” putusan itu.

Tetapi, tidak satu kata pun dalam amar putusan yang memerintahkan terdakwa untuk ditahan. Malah pada poin 3 dijelaskan: menetapkan terdakwa tetap berada di luar tahanan.

Di sisi.lain Penasehat Hukum Fauzan Laia, SH., MH Mendukung Jaksa melaksanakan PUTUSAN PN PKU No. 540/Pid sus/2018/PN.Pbr (Eksekusi) sebagaimana pasal 270 KUHAP.

Menurut Fauzan, Jaksa harus Melaksanakan seluruh Amar Putusan pengadilan tanpa mengecualikan Amar Putusan Angka (3) yg berbunyi “Menetapkan terdakwa tetap berada di Luar Tahanan”


Fauzan Laia, SH., MH Penasehat Hukum Terpidana Toroziduhu Laia (Berdasarkan Surat Kuasa tanggal 5 Juli 2019 pada Kantor LBH H.M. FAOZANOLO LAIA, SH., MH) Mendukung Jaksa melaksanakan PUTUSAN PN PKU No. 540/Pid sus/2018/PN.Pbr (Eksekusi) sebagaimana pasal 270 KUHAP.

2. Jaksa harus Melaksanakan seluruh Amar Putusan pengadilan tanpa mengecualikan Amar Putusan Angka (3) yg berbunyi "Menetapkan terdakwa tetap berada di Luar Tahanan"

3. Saya Fauzan Laia, SH., MH Penasehat Hukum Toroziduhu Laia memberikan masukkan kepada Jaksa silahkan Bacakan Berita Acara Eksekusi dan serahkan BERITA ACARA EKSEKUSI tersebut ke LAPAS untuk menentukan status Toro Z Laia Bukan memyerahkan Fisik (Badan) Toro Ke LAPAS, bila menyerahkan Toro Ke LAPAS, Maka Jaksa  melanggar Amar Putusan Angka (3) yang mengakibatkan dugaan Pelanggaran HAM Toro dan dugaan pelanggaran Kode Etik Kejaksaan.

4. Bila dilihat dalam  peraturan perundang-undangan tentang Jenis2 Penahanan khususnya Perkara Terpidana Toroziduhu Laia, tidak kita temukan jenis penahanan apa yang diterapkan.

5. Kenapa Berita Acara Pelaksanaan Putusan (Eksekusi) Dibacakan dan di serahkan ke LAPAS?... Untuk menentukan status Toro sebagai nara pidana dan menjalani hukuman tetap berada diluar tahanan.(red)
Home