Home
 
 
 
 
Pengurus PGI Wilayah Riau Dilantik

Rabu, 18/09/2019 - 12:08:26 WIB


PEKANBARU  -  Bertempat di Gereja HKBP Jl.Hangtuah Pekanbaru, pengurus Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia Wilayah Riau dilantik dan dikukuhkan. Selasa 17 /09/2019.

Diawali dengan kebaktian yang dipimpin oleh Sekretaris Umum MPH PGI Pusat Pdt. DR. Gomar Gultom, M.Th.

Dalam khotbahnya Pdt.Dr.Gomar Gultom,M.Th  menekankan bahwa betapa  hati manusia di kuasai Nafsu duniawi yaitu hati yang tidak  pernah puas , kita masing - masing sibuk memuaskan hasrat kita. Akibatnya makin sempit ruang bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan, kita semakin  egois dan akhirnya hanya memikirkan diri sendiri, hingga hubungan kita antar sesama menjadi hambar," paparnya .

Usai khotbah,  pengurus PGI Wilayah Riau terdiri dari Majelis Pengurus Harian ( MPH) , Majelis Pertimbangan ( BP ) dan Badan Pengawas Pembukuan ( BPP ) di lantik oleh Sekum PGI Pusat.

Selanjutnya Ketua Majelis Pengurus Harian  PGI Wilayah Riau Pdt.Mangantar Tambunan, M.Th  melantik dan mengukuhkan pengurus departemen PGI Wilaya1  Riau .

Usai kebaktian dan pelantikan acara ramah tamah di lanjutkan di Sopo Godang di samping Gereja.

Dalam acara ramah tamah ini Muller  Tampubolon, SE,. MM   selaku ketua panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh yang telah berpartisipasi mendukung terlaksananya acara pelantikan. " Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada Gubernur  Riau, kepada  MPH PGI Pusat dan kepada seluruh denominasi gereje dan jemaat yang telah mendukung kami , hingga terlaksananya acara pada hari ini, ucapnya.

Gubernur Riau yang diwakili oleh Saut Marbun (  kesbangpol Riau ) dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf karena seyogyanya Pak Syamsuar sudah dijadwalkan menghadiri acara Pelantikan pengurus PGI Wilayah Riau ini, Namun beliau saat ini sedang mendampingi Pak Presiden yang meninjau kebakaran lahan dan hutan ( Karlahut),:ungkapnya.

Dalam sambutannya yang di bacakan, Gubernur Riau mengucapkan selamat kepada pengurus PGIW Riau yg sudah dilantik, Seraya meminta agar PGIW selalu bermitra dengan pemprov dalam membina gereja- gereja Protestan yang ada di Wilayah Riau.

Tokoh Batak Riau AB Purba dalam sambutannya berharap pengurus PGI wilayah Riau selalu bersinergi dengan tokoh2 masyarakat agar pdogram2 yang sudah direncanakan dapat tedcapai.

Ketua PWNU Riau T.Rusli Ahmad,SE dalam sambutannya mengaku sangat senang melihat kebersamaan umat di Riau dalam menjalin persaudaraan dan menjaga persatuan,

Rusli Ahmad yang merupakan mantan anggota DPRD Riau ini meminta kepada seluruh komponen bangsa agar menjaga Riau dari pengaruh radukalisme. Ia mencontohkan bahwa aliran radikalisme itu, selalu mengkafir- kafirkan orang lain yang tidak sepaham dengan nya. " Jangan kan orang lain yang tidak seakidah dengan nya  kami yang seakidah   yang sesama muslim saja di anggapnya kafir, itulah faham radikal, mari kita cegah dan berantas," tegasnya.

Wakil ketua DPRD Riau Zukhri Misran dalam sambutannya mengatakan betapa senang dapat menghadiri Pelantikan PGIW Riau pada hari ini. Selaku wakil rakyat kami sangat mendukung program kegiatan PGIW Riau kedepan, " ucapnya.

Ketua PGIW Riau Pdt.Mangantar Tambunan, S.Th dalam pidato nya mengatakan betapa berterimakasih kepada seluruh  tokoh - tokoh masyarakat, pemerintah daerah Riau, dan gereja- gereja yang telah mendukung kegiatan PGI Wilayah Riau.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kedepan PGIW Riau akan bekerjasama kepada seluruh lintas sektoral baik pemerintah , swasta maupun ormas, paguyuban dalam mengamankan Pancasila dan NKRI.

Ketua PGWI Riau yang merupakah Ephorus HKBP ini juga menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada tempat kantor sekretariat PGWI yang menetap, sehingga buat sementara maka sekretariat PGIW Riau menumpang di kantor kami di komplek HKBP Hangtuah ini. Seraya berharap kira Pak Gubernur dapat membantu memberi solusi jika ada gedung atau tempat yang dapat di pinjam pakai oleh PGIW Riau.

Di akhir acara Sekum Dr.Gomar Gultom, M.Th Sekum PGI Pusat, Gubernur Riau yang mewakili, Wakil ketua DPRD Riau Zukhri Misran ,SE beserta  tokoh-tokoh masyarakat  Riau di ulosi sebagai tanda kasih dan penghargaan, yakni  Ketua PWNU Riau T.Rusli Ahmad, Ketua Ikatan Keluarga Batak Riau ( IKBR ) Tumpal Hutabarat,SE. yang juga anggota DPRD Riau, Ketua umum Ikatan Keluarga Nias Riau ( IKNR ) Sefianus Zai, SH .

Pelantikan pengurus PGWI Riau turut dihadiri  Anggota DPRD Riau Soniwati Wau, Bapak Sihombing Pembinmas Kristen an ratusan undangan.( rls/red)
Home