Setelah melaksanakan pembekalan kepada Babinsa Kodim 0314/Inhil selama empat hari, hasil yang didapat dari memanfaatkan sabut Kelapa ternyata banyak sekali yang dapat dihasilkan.&"> Setelah melaksanakan pembekalan kepada Babinsa Kodim 0314/Inhil selama empat hari, hasil " />
Home
 
 
 
 
Dandim 0314/Inhi Berharap Pengolahan Sabut Kelapa Bisa Mendongkrak Perekonomian

Sabtu, 18/01/2020 - 13:39:55 WIB
TEMBILAHAN- Setelah melaksanakan pembekalan kepada Babinsa Kodim 0314/Inhil selama empat hari, hasil yang didapat dari memanfaatkan sabut Kelapa ternyata banyak sekali yang dapat dihasilkan. 

Sebagai terobosan yang bernilai ekonomi, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf.Imir Faishal beserta jajaran Koramil 0314/Inhil memanfaatkan sabut Kelapa dan menyampaikan apa saja kerajinan tangan rumahan yang dapat dibuat. 

"Dengan bahan sabut Kelapa ini, kita dapat mengolahnya sendiri dirumah, antara lain sebagai Pot Bunga, Tali Tambang, Sapu, Goni untuk menahan Air, bahkan bisa dibuat Busa Tilam. Namun yang menjadi perhatian adalah pembuatan pot dari sabut Kelapa sebagai sarana terbaik untuk budidaya Tanaman Vanili," ujar Dandim 0314/Inhil, Sabtu (18/01/2020). 

Upaya ini dilakukan untuk terus menggalakkan pemanfaatan limbah sabut Kelapa yang biasanya hanya terbuang-buang. 

"Ini dapat dijadikan Nilai Ekonomi untuk menambah pendapatan masyarakat jika dijalankan dengan sungguh-sungguh. Kegiatan praktek pembekalan yang dilaksanakan Babinsa ini nantinya akan dikembangkan oleh para Babinsa di wilayah jajaran Koramil Kodim 0314/Inhil yang tersebar di Kabupaten Inhil," tambahnya. 

Babinsa yang telah dilatih nantinya akan  mengajak Badan Usaha Desa yang ada di desa dan masyarakat untuk memanfaatkan Sabut Kelapa sebagai usaha masyarakat. Sabut Kelapa ini nantinya dijadikan sebagai usaha rumahan dan bahan jadinya akan dapat menambah pendapatan di masyarakat Kabupaten Inhil. 

"Babinsa ini nantinya dengan adanya pemanfaatan sabut Kelapa ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan di masyarakat untuk lebih meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Binaan masing masing." pungkas Letkol Inf Imir Faishal. 

Hasil kerajinan tangan ini nantinya juga akan dikembangkan oleh Babinsa di pelosok-pelosok Desa di Kabupaten Inhil. 

Ketua Umum Kadin Provinsi Riau Supianto  bersama dengan Kodim 0314/Inhil akan membuat MoU untuk pemasaran serta pengembangan usaha Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa yang cukup banyak di Kabupaten Inhil Ini serta membantu pemasaran agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. 

"Hasil jadinya kerajinan tangan rumahan ini  dapat dipasarkan tidak hanya di dalam Kabupaten, namun juga akan dibawa ke tingkat Provinsi sehingga dapat menjadi pendapatan masyarakat yang ada di desa desa dan khususnya Petani-petani Kelapa yang ada di Kabupaten Inhil," sebut Supianto. 

Sementara itu Pasiter Kodim 0314/Inhil Kapten Inf A. Siregar menyebutkan Babinsa yang sudah mendapat pelatihan ini nantinya akan memberi ilmunya yang mereka dapatkan.

"Nantinya mereka akan turun langsung ke wilayah binaannya masing masing untuk  dikembangkan di Kecamatan, Kelurahan, dan Desa sehingga sampah Sabut Kelapa tidak terbuang-buang dan mencemari sungai Indragiri." tandasnya.
**
Home