MERANTI - Musrenbang merupakan instrumen proses perencanaan pembangunan, s"> MERANTI - 
Home
 
 
 
 
Saat Musrenbang Di Rangsang Pesisir, Pemda Pertegas Pentingnya Membangun SDM

Selasa, 11/02/2020 - 12:48:27 WIB
MERANTIMusrenbang merupakan instrumen proses perencanaan pembangunan, sehingga secara teknis berbagai keputusan dalam pelaksanaan pembangunan dirumuskan secara bersama dan dilaksanakan sesuai dengan jenjang pemerintahan. Salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan daerah adalah Forum SKPD. Forum ini cukup strategis karena mempertemukan kelompok masyarakat sektoral dan spasial.

Pemerintah Kecamatan Rangsang Pesisir juga telah melaksanakan proses perencanaan pembangunan melalui forum Musrenbang tersebut. Kali ini, pelaksanaan Musrenbang dikecamatan Rangsang Pesisir bertempat diagro wisata mangrove baran layang Desa Tenggayun Raya pada hari Senin, (10/2/20).

Musrenbang yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam proses pembangunan yang menjadi perhatian utamanya ialah Sumber Daya Manusia (SDM).

"Hakikat dalam proses pembangunan unsur yang paling utama diperhatikan ialah SDM. Bagaimana kita bisa menciptakan Generasi Emas, yang mampu berdaya saing. Inilah PR Pemerintah, karena selama ini luput dari perhatian Pemerintah,"_Ujar Wakil Bupati Said Hasyim.

Beliau juga menegaskan tentang perlunya memperhatikan asupan Gizi Masyarakat, agar dapat menjadi penunjang terciptanya SDM yang unggul sehingga cita-cita Generasi Emas tersebut dapat terwujud.

Penegasan yang tidak kalah penting disampaikan oleh Said Hasyim adalah sinkronisasi antara Pemerintah Desa, Pemeritah Kecamatan, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pusat.

Turut hadir dalam Forum Musrenbang tersebut beberapa Anggota DPRD Dapil III, yang turut menyampaikan Pokok Pikiran (Pokir). Pokir Anggota DPRD disampaikan oleh Al Amin, yang kami rangkum sebagai berikut :
  1. Tersedianya infrastruktur jalan Kayu Ara menuju ke Kebabu Rapat
  2. Masalah abrasi pantai disepanjang pantai Rangsang Pesisir yang sangat perlu untuk menjadi perhatian Pemda
  3. Perumahan layak huni
  4. Perbaikan sarana pendidikan
  5. Peningkatan Honorarium Tenaga Guru Honorer
  6. Bantuan pada kegiatan keagaman.
"Kami sangat berharap adanya sinergitas antara Pemda dan DPRD dalam mendorong percepatan pembangunan diwilayah Rangsang Pesisir,"_Ujar Al Amin.

Kegiatan Musrenbang tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Said Hasyim, M.Si, Anggota DPRD M.Tartib, Al Amin, Suji Hartono, Kapolsek Rangsang Barat, Kepala Bapeda, seluruh OPD, Kepala Desa se Rangsang Pesisir, Kepala Kantor Urusan Agama Rangsang Pesisir, Ketua LAM dan Tokoh Masyarakat Rangsang Pesisir. (MBS***)
Home