Home
 
 
 
 
LAWAN COVID-19
3 Orang Tenaga Medis Positif Covid-19

Rabu, 22/04/2020 - 22:08:58 WIB
Dumai - Satu lagi tenaga medis di Kota Dumai terkonfirmasi positif Covid - 19. Hingga Rabu (22/04/2020) sudah 3 orang tenaga medis terkonfirmasi positif.

"Sebelumnya yang terkonfirmasi positif ada 6 orang. Hari ini bertambah satu. Sehingga jumlah total pasien terkonfirmasi positif untuk Covid - 19 di Kota Dumai pada saat ini berjumlah 7 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid - 19 Kota Dumai, dr Syaiful pada Konferensi Pers Perkembangan Covid-19 Kota Dumai, Selasa (21/04/2020) sore.

Pasen positif baru ini atau 07 Kota Dumai ini merupakan seorang laki-laki dengan inisial NU. Tinggal di kelurahan Simpang Tetap Darul Ikhsan dan bekerja sebagai tenaga medis dengan profesi dokter.

"Dari hasil studi epidemiologi terhadap pasien ini dapat dikatakan bahwasanya yang bersangkutan merupakan kontak erat dengan pasien 03 (ME)," lanjut mantan Dirut RSUD Dumai ini.

Adanya kontak erat ini diketahui dari wawancara dengan NU maupun ME. Keduanya terlibat kontak pada aktifitas kedinasan yang berlangsung pada pertengahan Maret 2020. Saat itu keduanya tidak mengenakan alat pelindung diri atau APD.

Dari hasil tracking terhadap pasien 03, dilakukan rapid test terhadap pasien 07 yang hasilnya menunjukkan positif. Kemudian dilakukan swab tenggorokan yang hasilnya keluar di awal April. Hasilnya negatif.

"Di awal April itu juga dilakukan swab kedua. Kali ini mengambil sampel dahak. Hari ini kami mendapatkan hasil dari BTKL Balitbangkes. Hasilnya positif," kata Syaiful.

Terhadap tambahan 1 kasus ini, Syaiful menambahkan, tim Gugus Tugas langsung melakukan tracking terhadap mereka yang pernah kontak dengan paisen 01.

"Pasien 07 saat ini masih dirawat dan menjalani isolasi di RSUD Dumai. Kondisinya cukup baik. Kita kategorikan sebagai orang tanpa gejala atau OTG," lanjut Syaiful.

Menyinggung jumlah PDP yang masih dirawat, Syaiful menjelaskan sebanyak 14  orang. Dari 14 orang ini, 7 diantaranya positif.(XNC/Riswan)
Home