Home
 
 
 
 
lawan Covid-19
Tepat Sasaran, IKNR Berbagi Kasih Keapada Warga Korban Corona

Selasa, 28/04/2020 - 19:12:01 WIB
PEKANBARU -  Menyikapi keluhan warga korban dampak Corona yang semakin kesulitan,Ikatan Keluarga Nias Riau ( IKNR) terpanggil untuk berbagi kasih.Ketua Umum Ikatan Kelurga Nias Riau (IKNR), AKBP Peniel Zalukhu SH, didampingi Ali Gulo selaku Ketua Tim IKNR yang dinamai "Tim IKNR Berbagi Kasih" sambangi rumah warga kurang mampu ditengah pandemi covid-19.

Maksud dan tujuan Ketua Umum DPP IKNR mengunjungi rumah warga yang kurang mampu bersama Tim IKNR Berbagi Kasih, untuk menunjukan bentuk aksi solidaritas dalam kepedulian sosial IKNR terhadap sesama Ono Niha di kota pekanbaru yang sedang menghadapi situasi coronavirus disease (Covid-19).

Demikian kegiatan berbagi kasih IKNR ini dibenarkan Ketua Umum Ikatan Kelurga Nias Riau, AKPB Peniel Zalukhu, SH, ketika dikonfirmasi melalui kontak WhatsApp nya oleh media ini, Senin (27/4/2020).

AKBP Peniel Zalukhu, SH menyebut kegiatan aksi sosial yang sudah berjalan maupun yang masih sedang berjalan dilaksanakan bersama "Tim IKNR Berbagi Kasih" itu, merupakan singgungan poin visi misi yang tertuang dalam AD/ART organisasi paguyuban Ikatan Keluarga Nias Riau.

Tentulah, "Jika nantinya didalam aksi berbagi kasih ini ada warga kita yang tidak tersentuh atau tidak seluruhnya dapat. Tapi, perlu kami sampaikan disini bahwa bantuan ini terbatas sehingga kreteria prioritasnya yang dapat diberikan adalah warga kita Ono Niha yang tercatat sebgai warga tidak mampu sesuai penelusuran Tim," jelasnya.

Ketum IKNR ini mengatakan, "Menjalankan organisasi kemasyarakatan itu, tentu saja, harus mengutamakan kebersamaan dengan saling memperhatikan, saling mengingatkan, saling mendoakan, saling membesarkan, dan saling membantu antar sesama, baik dalam kedaan suka, maupun duka. Apalagi dalam situasi PSBB di kota pekanbaru saat ini. Seluruh masyarakat akan merasakan kondisi ekonomi yang sama dalam menghadapi virus yang mematikan ini," ujarnya.

Dijelaskannya, sasaran dalam pelaksanaan kegiatan sosial berbagi kasih ini bersama Tim IKNR Berbagi Kasih, diprioritaskan untuk warga kurang mampu dan tenaga kerja yang di PHK khusus warga Ono Niha yang bertempat tinggal di kota pekanbaru. Seperti saudara kita yang sering dipanggil Tuada Zega. Tuada Zega ini bertempat tinggal di kubang dibelakang SMP 1 kubang. Saudara kita itu bekerja serabutan.

Adapun bentuk bantuan yang kita serahkan terhadap warga Ono Niha kurang mampu kemarin itu yakni beras, telur dan berfariasi.

"Ya, jika kondisi kita tetap sehat dan juga ada bantuan kasih yang didapat oleh Tim IKNR Berbagi Kasih dari pihak donatur di Posko, tentu kegiatan bagi-bagi kasih ini akan terus dilaksanakan sampai Covid-19 ini berlalu," jelasnya.

Hal ini juga, perlu kami sampaikan kepada Bapak/i dan Sdra/i pengurus dan warga IKNR Provinsi Riau untuk mengajak seluruh teman-teman yang memiliki saluran berkah (rezeki) agar dapat bersama-sama menunjukan solidaritas kita terhadap sesama Ono Niha. Kebersamaan ini sangat penting dalam memberikan perhatian pada warga kita yang terdapak virus corona ini.
 
Dalam penjelasan mantan Kapolsek dari wilayah Kabupaten Kampar ini menyampaikan bahwa solidaritas Ono Niha di masa situasi wabah corona ini, Organisasi Paguyuban IKNR Provinsi Riau telah mendirikan Posko IKNR peduli Covid-19. Segala sesuatu bentuk teknis pembagian Sembako yang terkumpul misalnya akan diatur oleh Kaposko Sdra.Ali Gulo (Ketua Tim IKNR Berbagi Kasih & Berkat).

Tenaga yang ambil bagian dalam Tim IKNR Berbagi Kasih dan Berkat ini ada beberapa anggota dari Pemuda dan Adik-adik Mahasiswa Nias Riau yang penanggungjawabnya kita sendiri dari Ketua Umum IKNR, AKBP Peniel Zalukhu,SH.

"Benar, Tim IKNR Berbagi Kasih dan Berkat ini akan bertugas untuk mencari sumber bantuan dan menerima sumbangan bantuan dari uluran tangan donatur. Kemudian, bantuan yang telah terkumpul di Posko akan disalurkan kepada mereka yang betul-betul amat memerlukan," ungkapnya.
 
Adapun bantuan yang telah terkumpul sebelumnya dan Minggu 26 April 2020 semalam sudah disalurkan kepada warga berupa bantuan paket sembako di wilayah kota pekanbaru dan sekitarnya.

 
Tetaplah kita sampikan, "Masalah himbauan kita selaku Ketum IKNR tetap kita sampaikan agar masyarakat dapat mentaati anjuran pemerintah tidak keluar rumah, menjaga pola hidup sehat, selalu memakai masker juka ada perlu keluar, menjaga kebersihan dengan citangan paki sabun, menjaga jarag saat melintasi kerumunan massa dan tetap tenang tanpa panik," terangnya.

Selain himbauan tentang ajakan masyarakat menjaga pola hidup sehat dn tidak panik juga saya meminta dengn sangt berharap kepada pengurus DPD dan DPC IKNR membentuk 1 Tim khusus untuk menghadapi dampak dari wabah virus Corona ini sehingga kita sesama Ono Niha dimanapun berada lebih kompak, bersatu dan saling menolong agar IKNR menjadi berkat bagi semua orang. ( Yul)*
Home