Home
 
 
 
 
LAWAN COVID-19
Anggaran Pencegahan Dan Penanganan Covid-19 di Inhu Baru Terserap 5,2 Miliar

Sabtu, 09/05/2020 - 12:10:37 WIB
Indragiri Hulu - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Indragiri Hulu Ibrahim Alimin mengatakan, anggaran penangangan virus corona (Covidi-19) di Kabupaten Indragiri Hulu hingga saat ini baru terserap Rp. 5,2 miliar.

“Baru hanya RP. 5,2 miliar yang baru dapat digunakan,” katanya saat konferensi pers yang digelar secara telekonferensi, Selasa (05/05/2020).

Dipaparkannya, untuk percepatan penanganan covid-19 ini, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menggelontorkan anggaran sebesar Rp. 90,2 miliar. Anggaran senilai Rp. 5, 2 miliar direalisasikan secara bertahap untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di RSUD Indrasari Rengat dan Dinas Kesehatan. Sedangkan Rp. 85 miliar lagi akan dialokasi ke 8 satuan kerja (Satker).

“Karena angka 90,2 miliar itu sudah termasuk ketika di Inhu diberlakukan PSBB. Kita masih menunggu bagaimana keputusannya,” tukasnya.

Ibrahim tidak menjelaskan nama 8 Satker tersebut. Namun dia mengungkapkan bahwa anggaran Rp. 85 miliar tersebut nantinya akan direalisasikan jika kondisi memburuk. Termasuk ketika Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu mengusulkan dan menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Untuk anggaran Rp. 85 miliar dialokasikan untuk delapan satuan kerja jika kondisi mengharuskannya untuk digunakan. Angka yang disediakan itu termasuk untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, termasuk jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan diberlakukan nanti jika memang terjadi,” cetusnya.

Saat ini Ibrahim belum bisa memastikan kapan dialokasikannya anggaran sebesar Rp. 85 miliar tersebut. Dia beralasan penyebabnya lantaran tahap rasionalisasi.

‘’Saat ini anggaran tahap 2 tersebut belum bisa dipakai karena sekarang masih dalam tahap rasionalisasi. APBD kita kan diminta lebih focus untuk penanganan Corona sehingga kita mencari pos-pos mana saja yang bisa dirasionalisasi. Sekarang sedang dalam tahap itu. Nanti kalau prosesnya selesai anggaran sudah bisa digunakan.

Begitu juga alokasi anggaran sebesar 100 juta untuk setiap Kelurahan dari Pemerintah Provinsi Riau.

“Belum di distribusikan karena dana itu masih memerlukan proses agar bisa sampai ke rekening Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu,” tutupnya.(Riswan***)

Sumber : Potret24.com
Home