Home
 
 
 
 
LAWAN COVID-19
WHO Sebut COVID-19 Bakal Terus Eksis, Tak Akan Punah di Bumi

Kamis, 14/05/2020 - 12:38:56 WIB
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan virus SARS-CoV-2 dari keluarga coronavirus yang menyebabkan penyakit COVID-19 ini dapat menjadi endemi.

Endemi sendiri adalah penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu. Sebuah penyakit akan selalu ada di daerah tersebut dengan frekuensi rendah.

Contohnya adalah HIV, DBD, kaki gajah, kusta, malaria atau hepatitis. Jadi jika pandemi mengarah ke aspek yang sangat global misalnya menyerang berbagai benua, endemi diartika menyerang wilayah tertentu saja atau negara khusus saja.

"Penting untuk memperhatikan ini, virus ini mungkin akan virus endemi di komunitas kami. Virus ini mungkin tidak akan pernah hilang," kata Direktur Eksekutif Program Darurat WHO Mike Ryan pada Rabu (13/5/2020), dikutip dari Reuters.

"Saya pikir penting bagi kami untuk realistis, tidak ada siapa pun yang dapat memprediksi kapan penyakit ini akan hilang."

"Saya pikir tidak ada janji dalam hal ini dan tidak ada tanggal. Penyakit ini bisa menjadi masalah yang lama, atau mungkin juga tidak."

Namun, Ryan mengatakan dunia memiliki kendali untuk mengatasi penyakit ini. meskipun hal itu akan membutuhkan "upaya besar" bahkan jika vaksin dapat ditemukan.

Ryan mengatakan, dunia akan sangat membutuhkan "kontrol yang sangat signifikan" atas virus ini, guna menurunkan angka terjangkit di "tingkat nasional, regional dan global".

Selain itu, pemerintah dikatakan juga harus ekstra hati-hati saat membuka kembali perekonomian ketika angka terjangkit virus masih tinggi di daerah mereka.

Per Kamis (14/5/2020), menurut data Worldometers, sudah ada 4.424.195 kasus terjangkit secara global. Di mana ada 297.695 kematian dan 1.654.929 pasien berhasil sembuh.*


Sumber : cnbcindonesia.com
Home