Home
 
 
 
 
INSTRUKSI PRESIDEN KEPADA SELURUH ANGGOTA POLRI
Dipimpin Presiden RI, Puncak Peringatan Hari Bhayangkara Ke 74 Tahun 2020 Digelar Secara Virtual

Kamis, 02/07/2020 - 08:48:35 WIB
Pekanbaru - Tujuh instruksi Presiden Jokowi kepada seluruh anggota Polri pada saat menjadi Inspektur Upacara hari Bhayangkara ke 74 yang dilakukan secara virtual diikuti seluruh Jajaran Korps Bhayangkara, Rabu (1/7/2020) yakni:

Pertama, terus memegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas, juga menjaga kehormatan dan menjaga kepercayaan, menjaga kebanggaan sebagai anggota Polri.

Kedua, terus melakukan reformasi diri secara total membangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel serta bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern dan tepercaya.

Ketiga, terus memantapkan soliditas internal, memperkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Keempat, terus menerapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.
Kelima, terus meningkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, melakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.

Keenam, terus menjaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari COVID-19. Ketujuh, harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi Nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab. Penekanan tersebut menjadi perhatian termasuk bagi Bhayangkara jajaran Polda Riau.

Kapolda Riau, Irjen.Pol. Agung Setia Imam Efendi, SH. S.IK. M.SI bersama Gubernur Riau, Drs.H. Syamsuar, M.Si, Kajati Riau, Mia Amiati, SH.MH, Danrem 031/WB, Brigjen.TNI. Muh Syech Ismed, SE. M.Han, Danlanud RSN Marsma, Ronny Irianto Moningka, Wakapolda Riau, Brigjen.Pol.Drs.Tabana Bangun, M.SI, Danlanal Dumai, Kolonel. Laut (P) Himawan usai mengikuti upacara secara virtual di Mako Brimob Polda Riau, berkesempatan memberikan penjelasan kepada media.

“Pada hari ini kita peringati Ulang Tahun hari Bhayangkara yang ke-74. Hari ini kita laksanakan secara virtual dengan Inspektur Upacara Bapak Presiden RI, dan diikuti oleh seluruh jajaran, sampai di tingkat Polres. Alhamdulillah berjalan dengan baik," ujar Agung mengawali penjelasan.

Agung menuturkan, bahwa tema dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-74 tahun ini adalah “Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif”. Dengan tema ini, kata Irjen Agung, diharapkan seluruh jajaran Polri tetap dapat menjaga situasi Kamtibmas di tengah pandemi Covid-19.

"Ini tentunya satu tema yang sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini, yakni dalam kondisi pandemi Covid-19 maka kemudian, kami tentu harus menjaga Kamtibmas ini dengan sebaik-baiknya, terlebih lagi kita akan menguatkan penanganan Covid-19 agar berhasil dengan baik," ujar Agung optimis.

Kapolda juga mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung tugas kepolisian dalam menjaga situasi negara.

"Mohon doa dan dukungan semuanya, untuk tugas tugas Kepolisian diwaktu yang akan datang. Kami ingin juga berterima kasih kepada Bapak Gubernur Riau, Ibu Kajati, dan seluruhnya yang sudah men-support kami dalam menjalankan tugas. Terutama sekali, kami ingin berterimakasih kepada masyarakat yang ikut serta menjaga situasi kondusif," tuturnya.

Agung berkomitmen untuk tetap menjaga Riau agar situasi aman tetap terjaga. "Riau akan terus kita jaga dan kita ingin memajukannya bersama-sama," ujarnya. Menjawab pertanyaan media tentang penanganan Karhutla, Agung mengatakan, “Tentu kita akan terus tangani bersama dengan Satgas Karhutla Provinsi Riau, seluruh stakeholder dan masyarakat Riau," katanya.

Kapolda memastikan penanganan Karhutla serta Covid-19 dapat dilakukan bersama dan sudah membagi tugas kepada para personel untuk penanganan Karhutla maupun Covid-19.

"Kita sudah membagi tugas itu (Karhutla dan Covid-19). Dan, pelaksanaannya dilaksanakan dalam satu mekanisme operasi, baik itu operasi untuk penanganan Karhutla maupun Covid-Dan, pelaksanaannya dilaksanakan dalam satu mekanisme operasi, baik itu operasi untuk penanganan Karhutla maupun Covid-19. Ini sudah berjalan sampai sekarang, dan akan kita teruskan," ujarnya menutup wawancara. (Riswan***)

Sumber : Radar Metro
Home