Home
 
 
 
 
Perbaikan Jalintim KM 57 Pelalawan Capai 80 Persen, Kasatlantas: Penutupan Jalan Segera Dibuka

Rabu, 23/09/2020 - 15:21:12 WIB
ZONARIAU.COM | PANGKALAN KERINCI -  Proses perbaikan Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kilometer 57 Desa Mekar Jaya SP 5 Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau terus digesa hingga Rabu (23/9/2020), agar segera bisa dioperasikan kembali.

Perbaikan ditangani langsung oleh tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diawasi langsung oleh Dinas Perhubungan (Dsihub) dan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pelalawan.

Jalintim KM 57 ditutup lantaran badan jalan di jekat jembatan SP 5 amblas akibat diterjang longsor sejak Sabtu (19/9/2020) lalu.

Hingga kini akses jalan nasional itu masih ditutup untuk perbaikan dan arus lalu lintas dialihkan sementara.

"Untuk hari ini, progres perbaikan sudah mencapai 80 Persen. Pekerja masih memperbaiki dan melakukan penimbunan badan jalan," terang Kapolres Pelalawan, AKBP Indra Wijatmiko SIK melalui Kepala Satlantas AKP Teguh Wiyono SH MH, kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (23/9/2020).

Kasat Teguh menjelaskan, berdasarkan perkiraan tim teknis Kementerian PUPR, malam ini akses jalan sudah bisa dibuka lantaran penimbunan sudah selesai. Namun pihaknya belum bisa memastikan karena pekerjaan masih terus berlanjut.

"Pastinya akan segera dibuka akses Jalintim, jika dari mereka menyatakan sudah bisa. Targetnya memang itu dulu, sampai bisa dilalui," tambah Teguh.

Jika penimbunan selesai dan akses lalulintas normal kembali, pekerja akan fokus memperbaiki beton penahan jembatan yang tergerus banjir pada saat insiden jalan amblas.

Pemasangan Bronjong dan tiang pancang tetap berjalan sembari akses jalan dibuka.

Hal itu dilakukan untuk memperkuat pondasi jembatan agar tidak longsor lagi jika diterpa hujan dan banjir besar.

Apabila pengerjaan di bagian bawah tuntas, jalan akan kembali ditutup untuk menggali penimbunan dan memasukan material beton ke dalam lubang, kemudian ditutup kembali.

Akses jalan lintas Sumatera itu dibuka lagi dan akan beroperasi secara normal seperti biasa.

"Memang targetnya kemarin Rabu ini selesai. Kita pastikan semua aman dulu. Sambil jalan dibuka dan mereka tetap bekerja hingga tuntas," katanya.

Pihaknya kembali mengimbau kepada pengendara agar tetap melewati jalur alternatif yang saat ini dibuka.

Jika Jalintim sudah normal, arus lalulintas akan kembali dibuka.

Sumber : Tribunpekanbaru.com
Editor : Arif Hulu
Home