Home
 
 
 
 
Bingung Bedakan Masker Kain 3 Lapis dan Masker Scuba? Ingat Pesan dr. Reisa

Senin, 05/10/2020 - 04:30:18 WIB
ZONARIAU.COM | Jakarta - Penggunaan masker berbahan scuba dan buff saat ini dilarang. Dua masker dengan bahan tersebut diketahui tak mampu mencegah penularan Covid-19 secara efektif. Pasalnya, hanya ada satu lapisan tipis sebagai pelindung.

Bahan tersebut malah bisa memecah partikel droplet menjadi lebih kecil dan menularkan virus. Masih banyak masyarakat yang bingung membedakan mana masker kain tiga lapis, masker bahan scuba dan masker buff.

Dokter Reisa Broto Asmoro, salah satu tim Satgas Covid-19 mengingatkan cara membedakannya. Untuk masker buff, biasanya digunakan para pemotor yang langsung dimasukkan ke leher dan menutupi mulut. Masker ini berbahan tipis dan hanya satu lapis.

" Masker yang disarankan adalah masker kain 3 ply atau tiga lapis, yakni masker kain yang memiliki lapisan paling luar sifatnya hydrophobic atau anti air. Intinya supaya kalau ada droplet atau percikan dari luar, kita gak menghirupnya," ujar dr Reisa dalam video yang diunggah di akun Instagramnya.

Ia juga berpesan untuk memperhatikan lapisan paling dalam. Harusnya bersifat nyaman, karena langsung menempel kulit dan sebaiknya cari bahan yang mampu menyerap uap air dari mulut.

Cari juga masker kain yang ada lapisan lagi di bagian tengahnya. Lapisan ini sangat penting sebagai penghalang.

" Sebagai barrier atau pembatas antara kain yang paling luar dan kain yang paling dalam," jelas dr. Reisa.

Untuk masker scuba, bahannya cenderung tipis. Hanya terdiri dari satu lapis, meskipun desainnya cukup menarik dan berbahan lembut, tapi proteksinya tidak efektif. Carilah masker yang benar-benar memiliki tiga lapisan, untuk perlindungan optimal.

Sumber : Dream.co.id
Editor : Arif Hulu
Home