Home
 
 
 
 
Alamak, Dari 410 Cuma 22 Perusahaan Sawit Di Riau Kantongi Sertifikat ISPO

Kamis, 23/04/2015 - 21:48:06 WIB
ZONA RIAU. COM - PEKANBARU - Dari 410 perusahaan perkebunan yang ada di Riau saat ini, ternyata baru 22 perusahaan yang memiliki sertifikat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) yang berkaitan dengan dampak perusakan lingkungan.

Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulher,  kepada wartawan, Kamis (23/4/2015). Menurut Zulher, minimnya sertifikat ISPO akan merugikan perusahaan, karena berdampak pada kurangnya nilai jual CPO Riau ke mancanegara.

"Dengan sedikitnya perusahaan yang mengantongi sertifikat ISPO menyebabkan nilai jual CPO menjadi rendah dan pendapatan petani berkurang," tandasnya.

Dijelaskan Zulher, untuk mendapatkan sertifikat ISPO bagi perusahaan perkebunan khususnya kelapa sawit, bukan perkara mudah.

Pasalnya perusahaan wajib mentaati tujuh prinsip dasar ISPO yaitu perusahaan diwajibkan memiliki sistem perizinan dan manajemen perkebunan, penerapan pedoman teknis budidaya dan pengolahan kelapa sawit, pengolahan dan pemanfaatan lingkungan, tanggung jawab terhadap pekerja, tanggung jawab sosial dan komunitas, pemberdayaan kegiatan ekonomi masyarakat dan peningkatan usaha secara berkelanjutan.

Berdasarkan peraturan Menteri Pertanian yang baru, September 2015 nanti seluruh perusahaan perkebunan di Indonesia diwajibkan memiliki sertifikat ISPO.(zai)***

Sumber   : Halloriau.com
Home