Home
 
 
 
 
Dua Bocah Gizi Buruk Ditemukan di Rohil

Sabtu, 17/10/2015 - 19:14:58 WIB
ZONA RIAU. COM - Rohil - Dua bocah asal Kepenghuluan Teluk Pulai, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Riau Laila (9) dan Lasmini (5), diduga menderita penyakit gizi buruk dengan kondisi perut membuncit yang sangat memprihatinkan.

Saat ini berat badan Laila hanya 16,1 kg, sedangkan adiknya Lasmini sekitar 11,4 kg.

Orang tua Laila dan Lasmini, Atan Kuncung (30) yang pekerjaan sehari-harinya hanya seorang buruh nelayan memiliki penghasilan tidak menentu.

Bahkan, ia mengaku pendapatannya perhari tidak cukup untuk biaya makan keluarganya.

Dengan keterbatasan biaya, untuk merawat kedua anaknya yang mengalami gizi buruk mereka memilih merawat dirumah tanpa ada pemberian vitamin dan makanan yang bergizi kepada kedua buah hatinya.

Menurut pengakuan Atan Kuncung didampingi istrinya Misnah (35), kedua anaknya tersebut sudah pernah dibawa ke Puskesmas Panipahan, Kecamatan Pasir Kapas untuk mendapatkan perawatan, namun pihak Puskesmas menyarankan agar anaknya dirawat di RSUD Dr. Pratomo Bagansiapiapi untuk mendapatkan perawatan intensif.

"Memang sudah pernah kita bawa ke Puskesmas Panipahan, tapi mereka tidak memberikan surat rujukan untuk dirawat ke Bagansiapiapi, kita sebagai masyarakat biasa yang tidak berpendidikan dan tidak tahu apa-apa terpaksa kami bawa pulang dan dirawat dirumah saja," kata Atan Kuncung, Sabtu.

Sementara itu Penghulu Teluk Pulai Sutarno merasa baru mengetahui ditemukan dua warganya mengalami gizi buruk.(Nin).



Home