Perkebunan kelapa sawit milik PT Adei. Perusahaan yang berlokasi di Desa Kemang, Kecamatan Pangkalan Kuras ini dituding telah merusak lingkungan. "> Perkebunan kelapa sawit milik PT Adei. Perusahaan yang berlokasi di Desa Kemang, Kecamatan Pangkalan Kuras ini dituding telah merusak l" />
Home
 
 
 
 
PT Adei Dituding Hilangkan DAS, Pemuda Setempat Akan Lapor DPRD Pelalawan

Rabu, 17/02/2016 - 13:33:34 WIB
ZONA RIAU COM - Pangkalankerinci - Perkebunan kelapa sawit milik PT Adei. Perusahaan yang berlokasi di Desa Kemang, Kecamatan Pangkalan Kuras ini dituding telah merusak lingkungan.

PT Adei Plantation dituding telah merusak dan menghilangkan Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan menanam pokok kelapa sawit. Akibatnya, Sungai Buluh di Desa Buluh, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau, hilang rata dengan tanah.

Akibat ulah perusahaan perkebunan kelapa sawit ini, gabungan pemuda dan mahasiswa Kecamatan Bunut, akan menggelar aksi menuntut perusahaan untuk melakukan reklamasi sungai.

"Telah berulang kali kita melaporkan masalah ini kepada instansi terkait, namun sampai sekarang tak pernah disikapi dengan serius," terang Kamaruddin Ketua Pemuda setempat.

"Titik koordinat Sungai Buluh sudah rata dengan tanah. Kita menuntut pihak perusahaan untuk mereklamasi Sungai Buluh," tegas Kamaruddin.

Menurut Kamaruddin, jika tidak ada penyelesaian dari pihak perusahaan maka persoalan tersebut akan digiring ke DPRD Pelalawan dan stakeholder terkait.

"Kita juga akan pertanyakan Amdal perusahaan, karena setiap kegiatan yang berdampak kepada ingkungan hidup wajib memiliki Analisi Dampak Lingkungan (AMDAL)," ungkapnya tegas.

Kamaruddin menambahkan, terkait aksi yang akan dilakukan, ia mengatakan jika surat pemberitahuan aksi sudah dilayangkan ke pihak kepolisian.

"Kamis besok, kita akan menggelar aksi di Kantor PT Adei. Kita minta transparasi, apa yang sudah dilakukan oleh perusahaan," tegasnya.(Eman)
Home