Telkomsel meluncurkan layanan M2M (machine to machine) terbaru berupa aplikasi otomotif, bernama T-Bike. Perangkat tersebut bisa memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor dari ponsel pintar (smartphone).
"> Telkomsel meluncurkan layanan M2M (machine to machine) terbaru berupa aplikasi otomotif, bernama T-Bike. Perangkat tersebut bisa memonito" />
Home
 
 
 
 
T-Bike Telkomsel Meluncurkan Layanan M2M Berupa Aplikasi Otomotif, Motor Jadi Anti Maling

Selasa, 08/03/2016 - 10:56:09 WIB
ZONA RIAU. COM - Jakarta - Telkomsel meluncurkan layanan M2M (machine to machine) terbaru berupa aplikasi otomotif, bernama T-Bike. Perangkat tersebut bisa memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor dari ponsel pintar (smartphone).

Vice Presiden M2M Business Telkomsel, Jaka Susanta mengatakan, belakangan ini pencurian sepeda motor semakin mengkhawatirkan. Melihat kenyataan itu, Telkomsel meluncurkan aplikasi T-Bike sebagai asisten pengendara cerdas.

"Fitur ini bisa mengendalikan akses mesin sepeda motor dari aplikasi di ponsel pintar berbasis Android dan iOS. Juga didukung sistem GPS canggih. Jadi kalau motor dicuri, bisa mesinnya bisa dimatikan melalui ponsel tanpa ada batasan jarak asal ada sinyal," kata Jaka di Emperica, SCBD, Jakarta Selatan.

Sementara itu, Alfian Manulang GM M2M Product Development Telkomsel, menambahkan, biker yang membeli produk tersebut sudah mendapatkan pulsa berlangganan selama satu tahun dan garansi.

"Jadi harganya di bawah Rp 1 juta. Harga itu sudah termasuk instalasi dan pulsa selama satu tahun," ungkap Alfian saat berbincang dengan Kompas Otomotif.

Setelah gratis satu tahun, di bulan selanjutnya konsumen hanya cukup membeli pulsa Rp25.000 untuk paket basic atau tambah Rp10.000 pada paket advance setiap bulannya.

"Jadi pulsanya itu dibeli di tempat biasa juga bisa, murahlah untuk ukuran menjaga sepeda motor. Kalau paket yang advance itu lebih komplit fitur-fiturnya," kata Alfian.

Keuntungan
Selain memiliki fitur lengkap, keuntungan lain menggunakan T-Bike ini, lanjut Alfian, bisa memonitor keberadaan dan juga membatasi kecepatan sepeda motor. Sehingga, khusus buat orang tua dapat memantau keberadaan anak.

"Tetapi untuk membatasi kecepatan hanya ada notifikasinya saja, mesin tidak mati. Jadi jika motor itu melaju di atas batas kecepatan yang sudah ditentukan, akan ada notifikasi. Selain itu, kita bisa memantau motor itu sedang ada dimana," jelas Alfian, dilansir kompas.

Fitur-fitur di T-Bike, menurut Alfian sangat memantu dan mendampingi pengguna sepeda motor dalam berkendara, sehingga memberikan rasa aman, terutama dari hal pencurian motor. (Efi)

Home