Home
 
 
 
 
Sempat Nihil, Kini 12 Titik Panas Kembali Muncul di Riau

Senin, 14/03/2016 - 10:30:35 WIB
ZONA RIAU. COM - Pekanbaru - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi sebanyak 12 titik panas di dua daerah di Riau yakni Kabupaten Kepulauan Meranti dan Bengkalis.

Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin di Pekanbaru mengatakan, berdasarkan pencitraan satelit Terra dan Aqua Senin (14/3) pukul 05.00 WIB, keberadaan titik panas kembali melonjak tajam setelah Minggu,(13/3) sore wilayah tersebut dipastikan nihil titik panas.

"Hari ini terpantau empat titik panas di Bengkalis, sementara delapan titik lainnya di Meranti," kata Sugarin.

Ia menjelaskan secara keseluruhan terdapat 17 titik panas yang terpantau di Pulau Sumatera pada Senin pagi ini. Selain 12 titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran lahan dan hutan di Riau, lima titik lainnya terpantau di Sumatra Utara yakni empat titik dan Kepulauan Riau satu titik.

Sementara itu, dari 12 titik panas di Riau, Sugarin mengatakan sembilan di antaranya dipastikan sebagai titik api atau indikasi kebakaran lahan dan hutan dengan tingkat kepercayaan diatas 70 persen.

"Di Meranti terdeteksi sebanyak lima titik api, sementara di Bengkalis seluruh titik panas dipastikan sebagai titik api, empat titik," jelasnya.

Lebih lanjut, Sugarin memprediksikan pada umumnya cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan pada hari ini. Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata diprakirakan terjadi di wilayah Riau bagian tengah, barat dan selatan pada siang atau malam hari.(Nin)
Home