Home
 
 
 
 
BPJS Dorong Puskesmas di Dumai Bisa Setara RS Tipe D

Selasa, 12/04/2016 - 09:30:43 WIB
ZONA RIAU. COM - Dumai - Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai Adi Siswandi mendorong Dinas Kesehatan untuk mengubah Puskesmas menjadi RS Tipe D agar bisa melayani pasien rawat inap peserta jaminan kesehatan nasional.
        
Selain itu, bertujuan agar masyarakat yang menderita sakit ringan dapat dilayani di Puskesmas tanpa harus selalu dirawat ke rumah sakit umum daerah yang diperuntukkan pasien penyakit berat.
        
"Karena RSUD Dumai bersiap menuju Tipe B, sebaiknya pemerintah daerah persiapkan Puskesmas menjadi RS tipe D untuk melayani pasien jaminan kesehatan nasional khusus penyakit ringan," kata Adi di Dumai.
        
Menurutnya, peningkatan pelayanan di Puskesmas setara dengan RS tipe D itu sebaiknya diikuti dengan penambahan alat dan fasilitas medis serta tempat tidur ruang rawat inap.
        
Kondisi antrian dan kekurangan tempat tidur di rumah sakit umum yang sejauh ini terjadi diharapkan dapat teratasi karena pasien akan dilayani terlebih dahulu di Puskesmas terdekat.
        
"Setiap sosialisasi kita terus mengingatkan kesadaran masyarakat terhadap pelayanan BPJS kesehatan dan perawatan medis bisa dilayani di Puskesmas sebelum ke rumah sakit," terangnya.(Nin)
Home